Gadis Beijing WN Amerika bernama Arianna Quan (23) pada malam 30 Juli 2016 lalu dinobatkan sebagai Miss Michigan 2016, yang selanjutnya akan mewakili negara bagian Michigan dalam ajang kontes Miss America. Begitu berita ini tersebar, sontak memicu perdebatan di kalangan netizen RRT, ada yang meragukan nilai parasnya tidak tinggi, bagaimana mungkin bisa menjadi juara pertama? Sebegitu besarkah perbedaan antara orang Amerika dengan orang Asia dalam hal menilai kecantikan paras seseorang?

“Antara sayur dan lobak, masing-masing ada penggemarnya tersendiri”, penilaian setiap orang terhadap penampilan cantik memang berbeda, dan akan cenderung memilih tipe wanita cantik sesuai kesukaan/selera masing-masing. Arianna mengungguli lebih dari 30 orang peserta lainnya, tak hanya dengan mengandalkan paras cantik semata. Kriteria penilaian menurut situs internet kontes Miss America di tingkat negara bagian pada 2016 adalah: bakat 35%, wawancara pribadi 25%, gaun malam 20%, gaya hidup dan busana renang 15%, tanya jawab di panggung 5%.

Di ajang final, kriteria penilaian termasuk: skor keseluruhan 25%, bakat 30%, gaya hidup dan busana renang 10%, gaun malam 15%, pertanyaan terakhir 20%.

Dengan begitu bisa dilihat, pemilihan Miss America tidak hanya mengandalkan paras cantik saja, melainkan penilaian menyeluruh terhadap kualitas para kontestan. Arianna adalah mahasiswi di University of Creative Studies di Detroit, memiliki bakat bermain piano klasik level 8, bertubuh tinggi semampai, berkepribadian ceria dan penuh percaya diri, dan bercita-cita menjadi perancang utama di perusahaan otomotif, semua faktor itu memungkinkannya memenangkan penilaian tertinggi dari para juri.

Tentu saja, paras yang cantik juga memiliki kriteria penilaiannya tersendiri. Menurut pakar, jarak antara kedua pupil mata seharusnya 46% dari lebar wajah, jarak dari mata ke mulut adalah 1/3 dari panjang wajah, wajah yang paling mendekati skala keemasan (golden ratio-Red) ini adalah paras yang paling cantik.

Artis Amber Heard disebut sebagai artis yang memiliki wajah dengan rasio paling mendekati rasio keemasan. (Kevork Djansezian/Getty Images)
Artis Amber Heard disebut sebagai artis yang memiliki wajah dengan rasio paling mendekati rasio keemasan. (Kevork Djansezian/Getty Images)
Artis penyanyi Korea Selatan Im Jin-ah. (Wikipedia)
Artis penyanyi Korea Selatan Im Jin-ah. (Wikipedia)

Namun ada juga pakar berpendapat, rumus ini tidak cocok diaplikasikan pada orang Timur, karena wanita Timur memiliki fitur wajah lebih lebar dan besar, maka angka rasio ini bisa berbeda. Paras sempurna bagi wanita Timur, dari mata ke mulut jaraknya adalah 33% dari panjang wajah, sedangkan jarak kedua pupil mata adalah 42% dari keseluruhan lebar wajah.

Ada lagi pakar lain yang memberikan perhitungan yang lebih rumit. Menurut surat kabar Inggris “Daily Mail” terbitan Juli tahun ini, seorang penanggung jawab UK Medical Beauty Institute menyatakan, rasio atau skala keemasan besar kecil dan panjang lebar ini juga harus memperhitungkan alis mata, bola mata, kedua pipi, bibir, kening dan bagian lainnya, yang dihitung dengan cara matematika, sehingga didapat persentase yang tepat. Artis Amerika Amber Heard adalah wanita tercantik yang memiliki rasio mencapai 91.85%. Dia memiliki hidung dan dagu tercantik.

Akan tetapi, lain pakar lain pula kriterianya. Situs resensi film terkenal TC Candler setiap tahun akan merilis daftar nama seratus wanita tercantik dunia, dan posisi puncak selama 2014 dan 2015 diduduki oleh artis penyanyi Korea Selatan bernama Im Jin-ah (Nana). (sud/whs/rmat)

 

Share

Video Popular