Erabaru.net. Bagi banyak orang, kopi atau teh adalah ritual pagi yang sakral yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, tetapi minuman favorit ini dapat menodai email gigi.

“Pikirkan apa yang akan terjadi jika Anda membiarkan sisa teh atau kopi di dalam cangkir porselen putih tanpa mencucinya,” kata Laura Sharbash, DDS, dokter gigi di Seidner Dentistry & Associates.

Tentu saja, tidak semua orang mengalami pewarnaan email yang sama. Beberapa orang lebih rentan terhadap pewarnaan email daripada yang lain. Hal ini menjelaskan mengapa teman anda yang rutin minum kopi masih memiliki gigi putih berkilau, sedangkan anda yang jarang minum teh, sudah mengalami noda pada gigi.

“Individu yang secara alami memiliki permukaan email yang tidak teratur lebih rentan terhadap pewarnaan email,” kata Sharbash. “Menggertakan dan mengerat gigi secara berlebihan dapat menyebabkan retak dan patah tulang gigi yang menyebabkan kerusakan pada email. Kebiasaan buruk ini membuat gigi lebih berpori sehingga meningkatkan kerentanan terhadap pewarnaan email. “

Kita semua tahu penyebab utama pewarnaan gigi: kopi, teh, arak merah, soda dan tembakau. “Berries dan tomat, serta cairan kumur mulut yang dijual bebas yang mengandung stannous fluoride, atau setilpiridinium klorida juga mewarnai gigi. Larutan kumur mulut yang sering diresepkan, seperti klorhexidin memang berguna meningkatkan kesehatan gigi, tetapi penggunaan jangka panjang menyebabkan noda pada permukaan gigi yang masih dapat dihilangkan.” kata Sharbash

Sharbash juga mencatat bahwa penderita asma yang menggunakan obat hirup asam dapat melarutkan email gigi sehingga lebih rentan mengalami penodaan gigi.

Jadi bagaimana jika Anda ingin gigi Anda putih berkilau tetapi masih ingin menikmati segelas kopi atau teh setiap hari?

Berikut beberapa tips dari drg. Laura Sharbash :

• Gunakan sedotan. Minum minuman yang dapat mewarnai gigi dengan sedotan dapat mencegah minuman tersebut bersentuhan dengan gigi.

• Tambahkan susu. Peminum teh atau kopi dapat menambahkan susu (atau susu non-lemak!) untuk mengurangi efek noda dari teh.

• Kumur atau sikat gigi segera setelah minum minuman yang bisa mewarnai gigi. Membilas atau mencuci cangkir porselen putih segera setelah selesai minum kopi atau teh akan meniadakan pewarnaan pada permukaan cangkir tersebut, demikian pula yang terjadi dengan gigi anda. “Anda mungkin berpikir air liur akan membersihkan warna tersebut, tetapi segera kumur mulut dengan air akan sangat membantu menghilangkan noda pada gigi,” kata Sharbash. Minumlah sebotol air segera setelah selesai minum kopi, atau yang lebih baik lagi, sikat gigi sesegera mungkin.

• Sikat gigi secara rutin. Sikat gigi segera setelah minum minuman yang mewarnai gigi, serta pastikan Anda memiliki rutinitas merawat gigi setiap hari.

• Sikat gigi dengan baking soda. Obat kuno ini sangat efektif.

• Kunyah permen karet bebas gula. Beberapa orang merasa terbebani dengan efek dari permen karet bebas gula, namun Sharbash menjelaskan bahwa mengunyah permen karet bebas gula segera setelah minum minuman yang mewarnai gigi akan membantu merangsang produksi air liur untuk “membilas” pewarna gigi.

• Pasta pemutih gigi alami dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

• Jaga kesehatan mulut agar tetap bersih. Sharbash mengingatkan kita untuk setiap tahun memeriksakan gigi pada dokter gigi yang merupakan pembersih gigi yang profesional yang akan membantu menjaga gigi anda tetap putih berkilau.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular