JAKARTA – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menegaskan hingga saat ini dirinya adalah warga negara Indonesia (WNI). Dia membantah secara tegas bahwa dirinya bukan sebagai warga negara Amerika.

Menteri ESDM berharap penegasan yang disampaikannya dapat menetralisir rumor yang berkembang saat ini terkait kewarganegaraan Menteri ESDM. Sebelumnya rumor yang beredar melalui whatsapp di kalangan wartawan bahwa Menteri Arcandra memiliki dwi-kewarganegaraan yakni Amerika Serikat-RI.

“Saya tuh orang Padang Asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang Cuma pas kuliah S2 dan S3 saya kuliah di Amerika,” ujar Arcandra dikutip dari situs Kementerian ESDM, Minggu (14/8/2016).

“Saya pergi ke Amerika tahun 1996, sampai saat sekarang saya masih memegang passport Indonesia dan passport Indonesia saya masih valid,”  lanjut Arcandra.

Sambil berseloroh Arcandra mengatakan,” liat tampang saya kan, Bahasa Indonesia saya masih “medok” Padang. Saya masih warga negara Indonesia dan silahkan cek passport saya”.

Presiden Joko Widodo melantik Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM pada  Rabu 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said. Arcandra Tahar, seorang profesional di bidang energi dan sumber daya mineral. Lulusan Institut Teknologi Bandung ini menghabiskan 20 tahun masa studi dan karirnya di Amerika Serikat, menimba ilmu di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi negeri Paman Sam. (asr)

Share

Video Popular