Oleh: Chen Gang

Dalam sejarah peradaban Amerika Tengah, tali merupakan simbol Dewata. Sementara itu, dalam karya seni suku bangsa Maya dan Meksiko, tali yang tergantung di udara itu melambangkan benih dewata jatuh dari langit, membuat kehamilan pada bumi. Makna simbolis tersebut di atas bisa ditemukan dalam penanggalan Meksiko.

Untuk melemparkan seutas tali ke udara dan berdiri tegak dengan mengandalkan kekuatan sendiri adalah hal yang mustahil mampu dilakukan. Tali langit hanya bisa datang dari langit, bagaimana pun kerasnya upaya manusia, ia (tali) juga tidak mungkin bisa naik ke atas dengan sendirinya, atau dengan kata lain, hanya berkat karunia/kekuatan Dewata-lah baru bisa naik ke langit.

Seorang bocah mencoba merayap naik ke atas seutas tali. (Internet)
Seorang bocah mencoba merayap naik ke atas seutas tali. (Internet)

Sekarang kita bisa menyaksikan sulap terkait tali langit India alias tali dewa yang menakjubkan. Sulap ini cukup banyak versinya. Salah satunya, seorang biksu India tampak secara perlahan-lahan menegakkan salah satu ujung seutas tali ke udara, kemudian menghilang di tengah hamparan kabut. Tali itu tetap tegak lurus, lalu seorang bocah tampak merayap naik ke atas, hingga akhirnya menghilang dalam kabut.

Situasi berikutnya yang mendebarkan, tiba-tiba salah satu lengan dan kaki sang bocah jatuh dari langit. Kemudian anggota tubuhnya dimasukkan ke dalam sebuah bakul, dan tali itu pun ikut jatuh ke tanah. Tak lama kemudian, sang bocah tampak berdiri dari dalam bakul, tidak kurang suatu apapun.

Sementara dalam beberapa versi lainnya, ada bocah yang merayap naik ke atas tali lalu menghilang setelah sampai diujungnya. Bentuk sulap ini terdiri dari berbagai pola yang menakjubkan dan sulit dipahami akal sehat.

Sejarah magic sulit ditebak dan misterius, dalam setiap periode sejarahnya ada yang mendalami bidang pekerjaan yang misterius ini, dan hanya orang-orang tertentu dan sangat sedikit sekali baru bisa memahami sejarah magik ini. Meskipun telah menyaksikan dengan mata kepala sendiri, sulap menegakkan tali yang ajaib ini juga sangat sulit bagi kita untuk memahami misteri di dalamnya.

Selain kepada anaknya sendiri, sang pesulap tidak bersedia membeberkan rahasia magic itu pada siapapun. Sehingga membuat fenomena superanatural inipun diselimuti cadar yang misterius. (Secretchina/joni/rmat)

https://www.youtube.com/watch?v=tlPHPBNT4DY&feature=youtu.be

Share

Video Popular