Oleh: Zhang Ni

12 Agustus, tim Prancis di Olimpiade Rio memperoleh kabar baik. Menyusul atlet dayung dan judo wanita,  atlet judo pria dari kelas 100 kg Teddy Riner memenuhi harapan telah memenangkan medali emas untuk kali kedua.

“Kecepatan adalah milik pribadi, kemenangan adalah milik kolektif!” (La vitesse est personnelle, la victoire est collective), ini adalah gagasan olahraga Teddy Riner dari lubuk hatinya. Kali ini Teddy Riner menang tidak hanya karena postur tubuhnya yang tinggi besar, tetapi juga berkat penguasaannya akan jurus uniknya yang tidak terdapat dalam pelajaran/test book Judo.

Setelah menang pada pertandingan final, Teddy Riner di facebook membagikan foto selfienya dan meninggalkan pesan “2 kali berturut-turut pemenang Olimpiade lho.”

Hanya dalam waktu singkat 10 menit postingannya itu telah di-klik oleh 44.000 penggemarnya. Halaman Facebook-nya memiliki 80.000 penggemar. Teddy Riner adalah andalan tim Prancis pada Olimpiade Rio. Pada 2008 ia meraih medali perunggu di Olimpiade Beijing, pada 2012 menggondol medali emas di Olimpiade London.

Di kompetisi judo Eropa, ia pernah memenangkan 5 kejuaraan berturut-turut. Pada kompetisi judo internasional, ia telah memenangkan 8 medali emas. Sejak 2006, ia diberi penghargaan sebagai juara atlet termuda dalam kompetisi kelas berat judo Eropa dan internasional.

Gerakan Teddy Riner dalam pertandingan yang begitu mengasyikkan ketika berkutat seru dengan lawannya. Menurut seorang komentator, itu adalah jurus unik dan khusus yang tidak terdapat dalam buku pelajaran judo.

Memulai olahraga Judo berterima kasih kepada ibu

Teddy Riner  lahir di negeri ex jajahan Prancis, Guadeloupe. Semasa kecil mengikuti orang tuanya pindah ke Paris. Ia sejak berusia 5 tahun mulai berlatih judo dan pada usia 13 sudah mengabdikan diri kepada olahraga Judo.

(Kiri) Teddy Riner berbagi foto akrabnya dengan sang ibu (halaman Personal Riner). (Kanan) Teddy  Riner dan tunangannya Luthna Plocus pada Mei tahun ini disaat menghadiri Festival Film Cannes. (Neilson Barnard / Getty Images)
(Kiri) Teddy Riner berbagi foto akrabnya dengan sang ibu (halaman Personal Riner). (Kanan) Teddy Riner dan tunangannya Luthna Plocus pada Mei tahun ini disaat menghadiri Festival Film Cannes. (Neilson Barnard / Getty Images)

Ketika berusia 15 tahun, karena potensi dan ukuran badannya yang menonjol, penanggung jawab senior Institute Olahraga Nasional Prancis (INSEP) tertarik kepadanya, dan pada 2005 untuk kali pertama ia mewakili Prancis berpartisipasi dalam Kejuaraan Judo Eropa.

Ketika berusia 18 tahun, Teddy Riner menjadi juara judo  Eropa dan juara judo internasional. Meski ukuran tubuh Teddy bagai raksasa, tingginya 2.04 m, dengan berat badan 137 kg, namun ketika beraksi dalam kompetisi judo, di dalam bobotnya yang berat terselip kekuatan yang lembut.

Teddy Riner bukanlah kidal, ketika bertemu dengan lawan kidal merupakan semacam tantangan berat. Di pertandingan sebelumnya, ia sering dikalahkan oleh lawan yang bergaya kidal.

Dalam bidang studi, Teddy Riner meraih gelar sarjana komputer mikro pada 2009, dan dari 2011 – 2015, ia menerima pelatihan kelas olahraga level tinggi pada Institute of Politic Paris serta mendapatkan sertifikat.

Sang tunangan mengungkapkan: akan melangsungkan pernikahan setelah Olimpiade

Dalam kehidupan pribadi, Teddy Riner dan Luthna Plocus 3 tahun lalu telah bertunangan dan melahirkan seorang putra pada 2014 dan dinamakan Eden. Luthna Plocus mengungkapkan: “Jangan melihat tubuh Teddy Rider yang dempal,  ketika anaknya lahir, ia sempat tegang bukan main.”

Luthna Plocus menambahkan, Teddy Riner sangat menyukai anak-anak, biasanya ia membawa anaknya yang berusia 2 tahun naik sepeda, bermain judo, renang dan pada akhir pekan sering berlibur ke luar kota.

Si bocah di usianya yang masih cilik sudah tahu bahwa dia mempunyai seorang ayah yang juara, setiap kali ketika menonton ayahnya bertanding dia akan berteriak, “Papa semangat, papa semangat!”

Luthna Plocus menyatakan pada media Prancis bahwa dia dan Teddy Riner akan melangsungkan pernikahan resmi setelah Olimpiade Rio. (hui/whs/rmat)

Share

Video Popular