Erabaru.net. Anda tidak perlu menjadi seorang atlet untuk menderita kram otot, suatu kondisi kejang tiba-tiba pada otot. Penyebab kram otot diantaranya termasuk dehidrasi, suplai darah yang tidak memadai, tekanan saraf, dan kekurangan mineral, seperti kadar kalsium atau kalium yang rendah.

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh Anda akan mulai kehilangan massa otot, dan otot yang tersisa dapat dengan mudah mengalami stres, yang bisa mengarah ke kram. Jika Anda pernah mengalami kram, berarti tahu bagaimana rasa nyeri yang menyiksa. Untuk sesaat, Anda akan merasa lumpuh, nyeri, dan hampir tak berdaya, merasa seperti tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasinya.

Sebuah studi baru mengungkapkan rahasia yang dapat membantu meringankan kram otot.

Makanan pedas mengurangi kram otot

Jika Anda suka pedas, maka itu berita baik, sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa mengonsumsi sambal pedas seperti wasabi atau cabai dapat membantu meringankan kram otot. Cara ini ditemukan lebih efektif daripada mengonsumsi pisang atau minuman berenergi.

Dr. Rod MacKinnon, pemain kayak dan ilmuwan pemenang Hadiah Nobel, mengatakan, “Asal utama dari kram adalah saraf, bukan otot.” Pemahaman baru dari kram otot menyebabkan Dr. Rod dapat mengungkap solusinya.

Dr. Rod memulai penelitiannya setelah mengalami kram yang parah pada sepuluh tahun yang lalu. Penyebab umum dari kram otot tidak berlaku dalam kasus itu, yang menyebabkan dia beserta rekannya, Dr. Bruce Bean, menggali lebih dalam, sampai mereka menyimpulkan bahwa kram otot terkadang disebabkan macetnya impuls dalam sistem saraf. Para peneliti berhipotesis bahwa mereka bisa memodifikasi sistem saraf dengan memperkenalkan masukan sensorik yang kuat dan dengan merangsang reseptor di mulut dan kerongkongan – hanya dengan bantuan makanan pedas.

Menggunakan dirinya sebagai kelinci percobaan, Dr. Rod mencampur minuman pedas yang berbeda untuk mencoba menginduksi kram melalui impuls listrik. Teorinya terbukti benar, akan jauh lebih sulit menghasilkan kram otot ketika ia mengonsumsi ramuan pedas.

Kemudian dia mulai menguji teorinya pada orang lain, dan terbukti pada waktu yang tepat dan terus berulang.

Sejauh ini Dr. Rod bekerja sama dengan Flex Pharma Inc, dan telah meluncurkan minuman pedas yang dikenal bernama HotShot, yang merupakan campuran jahe, kayu manis, dan capsicum (sejenis paprika dan cabe). Minuman ini memang tidak menyegarkan, tetapi akan sangat membantu dalam mencegah otot kejang yang menyakitkan.

Jadi, jika Anda mengalami kram, mungkin sudah saatnya Anda mencoba minuman yang sedikit pedas. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular