WASHINGTON – Bank Dunia/Komite Pembangunan IMF secara resmi mengumumkan bahwa  Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan RI menjabat sebagai Ketua baru Bank Dunia/Komite Pembangunan IMF.  Posisi Sri Mulyani sudah efektif berlaku 16 Agustus 2016 lalu menggantikan Mantan Menkeu Bambang Brodojonegoro.

Dalam siaran pers resmiya, Bank Dunia menulis bahwa sosok Sri Mulyani memiliki catatan layanan dan prestasi yang sangat baik di tanah airnya dan di panggung global. Sebelum kembali ke Tanah Air,  Sri Mulyani menjabat sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer di Bank Dunia mulai 2005 hingga 2010.

Selamat menjabat di Bank Dunia, Sri Mulyani  bertanggung jawab untuk operasi di seluruh dunia. Dia bekerja sama dengan negara-negara klien dan negara-negara anggota untuk menempatkan strategi operasional yang sesuai untuk mengatasi tantangan pembangunan baru dan gigih dalam mendukung tujuan Bank Dunia untuk mengakhiri kemiskinan dan mempromosikan kemakmuran bersama.

Sri Mulyani selama menjalankan tugasnya juga bertanggung jawab untuk arah dan kebijakan kerangka kerja strategis dari Dana Bank untuk yang Termiskin, IDA, salah satu sumber bantuan terbesar bantuan 77 negara termiskin di dunia. Dia juga memimpin Dewan Penasehat Kelompok Bank Dunia tentang Gender dan Pembangunan, yang menyatukan para pemimpin global dan ahli tentang isu-isu gender, termasuk dari sektor swasta.

Komite Pembangunan IMF  terdiri dengan 25 anggota – sebagian besar adalah menteri-menteri Keuangan atau Pembangunan – mewakili keanggotaan 189 negara Bank Dunia dan IMF. Mandat Komite adalah untuk menyarankan Dewan Gubernur Bank dan Dana pada isu-isu pembangunan yang sangat penting. (asr)

Share

Video Popular