Bekam adalah bentuk terapi banyak digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok. Bekam menciptakan hisap lokal pada kulit dengan menggunakan panas (api) atau perangkat mekanik (tangan atau pompa listrik). Metode ini diyakini untuk menarik keluar racun, memobilisasi aliran darah, menenangkan nyeri otot dan dalam beberapa kasus menyembuhkan insomnia.

Pada Olimpiade Rio, Berasil, perenang Amerika Serikat Michael Phelps menarik perhatian semua orang tidak hanya karena prestasinya yang luar biasa, tetapi juga karena beberapa lingkaran ungu gelap di bahu dan punggungnya, yang didapat setelah ia menjalani teknik “bekam” untuk mengendurkan ototnya sebelum berlomba.

Pada Papyrus Ebers yang ditulis pada tahun 1550 SM dan dianggap sebagai salah satu buku teks kedokteran tertua di dunia Barat, menggambarkan bagaimana orang Mesir menggunakan bekam untuk menyembuhkan beberapa masalah medis yang sering terjadi pada waktu itu dan bagaimana bekam juga digunakan oleh masyarakat Sahara. Hippocrates, dokter Yunani yang terkenal, menggunakan teknik bekam pada tahun 400 SM untuk mengobati penyakit internal dan beberapa masalah struktural.

Ge Hong (281-341 M) adalah seorang pejabat di wilayah selatan yang kecil selama Dinasti Jin. Ia adalah orang pertama yang menggunakan terapi bekam di Tiongkok. Dia tertarik pada bidang kimia, jamu, dan teknik umur panjang. Ge Hong mempopulerkan pepatah, “Akupunktur dan bekam dapat menyembuhkan lebih dari setengah penyakit”. Kemudian, metode ini dilakukan di seluruh Asia dan Eropa. Pada tahun 1465, Serefeddin Sabuncuoglu, seorang ahli bedah Turki, menganjurkan teknik bekam yang disebutnya sebagai “mihceme”.

Dalam prosedur bekam kering, praktisi bekam menempatkan gelas khusus pada kulit. Praktisi kemudian menggunakan panas atau pompa udara untuk menciptakan hisap antara gelas dan kulit. Akibatnya, terjadi vakum pada kulit pasien, yang menghilangkan macetnya aliran darah dan getah bening, sehingga meningkatkan aliran qi. Bekam dilakukan pada otot-otot di bagian punggung, bahu, dan belakang leher.

Tanda pada kulit sering terjadi setelah gelas diangkat, sebagai akibat dari pecahnya kapiler yang terletak di bawah kulit.

Atlet yang menggunakan teknik ini mengakui bahwa bekam adalah sangat efektif. Atlet lain yang menggunakan teknik ini adalah pesenam Amerika Serikat , Alex Naddour dan perenang Belarusia , Pavel Sankovich, yang mengatakan bahwa bekam adalah alat pemulihan yang luar biasa. Di antara aktris Amerika Serikat, Gwyneth Paltrow dan Jennifer Aliston menggunakannya dan bintang pop Kanada Justin Bieber menggunakannya.

Di Amerika Serikat, teknik ini sangat populer sampai kira-kira tahun 1950-an, dan sekarang hanya digunakan sesekali oleh masyarakat umum. Dalam sebuah esai berjudul ” How the Poor Die”, penulis Inggris George Orwell menggambarkan keterkejutannya ketika ia melihat praktek bekam di sebuah rumah sakit di Paris, Perancis.

Berkat Michael Phelps, telah terjadi peningkatan yang nyata dalam penjualan alat bekam, menurut Jessica MacLean, Direktur Asosiasi Terapi Bekam Internasional. Baru-baru ini Michael Phelps sendiri menampilkan promosi pengobatan bekam dalam sebuah video untuk sponsor. Gelas silikon model baru akan mengurangi memar dibandingkan dengan gelas tradisional.

Bekam telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi medis, di antaranya yaitu kelainan darah, penyakit rematik, masalah kandungan wanita, dan gangguan kulit seperti eksim dan jerawat. Individu yang pernah menjalani pengobatan ini mengklaim mengalami peningkatan kesejahteraan fisik dan psikologis.

Bekam juga telah digunakan oleh beberapa orang sebagai pengobatan alternatif untuk kanker. Meskipun praktisi mengklain bermanfaat untuk terapi kanker, American Cancer Society baru-baru ini memperingatkan, “Tidak ada bukti ilmiah untuk mengharapkan manfaat kesehatan dari bekam”, karena sedikit berisiko menimbulkan luka bakar.

Sangat sulit untuk melaksanakan eksperimen terkontrol untuk menguji keampuhannya. Namun, sebuah eksperimen yang melibatkan 40 pasien yang menderita artritis lutut, melaporkan nyeri berkurang setelah empat bulan pengobatan dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima pengobatan bekam.

Pertanyaan lain adalah seberapa efektif pengobatan bekam? Tidak seorang pun menyangkal bahwa mungkin ada efek plasebo. Efek plasebo adalah efek yang menguntungkan, yang dihasilkan oleh obat plasebo atau pengobatan plasebo yang tidak dapat diterangkan, maka harus ada keyakinan pasien untuk mendapatkan kesembuhan dari pengobatan tersebut. Sama seperti pengobatan alternatif lainnya, bekam adalah baik jika bermanfaat untuk Anda.(Epochtimes/César Chelala/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular