Makanan apa saja yang memengaruhi fungsi otak? Ternyata banyak sekali. Kita sudah tahu bahwa apa yang kita makan akan memengaruhi tubuh dan penampilan kita, tetapi para ilmuwan lebih banyak meneliti mengenai apa yang kita makan akan mempengaruhi otak kita secara langsung, yaitu materi abu-abu otak.

Tentu saja, beberapa makanan akan lebih baik untuk otak Anda daripada otak orang lain. Inilah 15 makanan yang harus Anda makan karena dibutuhkan oleh otak Anda yang pada akhirnya akan memberi makan untuk pikiran dan tubuh Anda.

1. Alpukat

(tashka2000/iStock)
(tashka2000/iStock)

Alpukat adalah salah satu buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan. Alpukat mengandung lemak jenuh ikatan tunggal yang bermanfaat untuk mempertahankan kadar gula darah yang stabil dan mengkilapkan kulit.

Alpukat mengandung vitamin K and folat, sehingga alpukat mencegah terjadinya pembekuan darah di otak (mencegah terjadinya stroke) serta memperbaiki fungsi kognitif, terutama memori dan konsentrasi.

Alpukat adalah buah yang mengandung protein yang paling tinggi dan kadar gula yang paling rendah.

2. Bit

Bit tampaknya menjadi makanan yang menakutkan bagi banyak orang, bahkan pecinta sayur. Hal ini sangat disayangkan, karena akar sayuran ini termasuk beberapa tanaman yang paling bergizi untuk Anda makan.

Bit mengurangi peradangan, mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mencegah terjadinya kanker dan menyingkirkan racun dari darah. Nitrat alami yang terkandung di dalam bit sebenarnya berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan kinerja mental.

3. Blueberry

Blueberry adalah salah satu makanan yang mengandung kadar antioksidan tertinggi, selain vitamin C, vitamin K dan serat. Karena mengandung kadar asam gallat yang tinggi, maka blueberry sangat baik untuk melindungi otak terhadap kerusakan dan stres.

4. Kaldu tulang

makanan-untuk-otak5

Kaldu tulang adalah makanan utama untuk memulihkan kesehatan usus, yang akhirnya memulihkan kesehatan otak. Makanan yang dikonsumsi sejak dahulu kala ini banyak manfaat kesehatannya, meliputi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi kebocoran usus, meningkatkan kesehatan sendi dan mengatasi alergi makanan.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan untuk otak yang terbaik. Berkat kadar vitamin K dan kolin yang tinggi yang terkandung dalam brokoli, maka brokoli menjaga memori supaya tetap berfungsi dengan baik.

6. Seledri

Seledri adalah sayuran yang mengandung sedikit kalori sehingga menawarkan banyak manfaat. Seledri mengandung kadar antioksidan dan polisakarida yang tinggi yang berfugsi sebagai anti peradangan alami dan meredakan gejala yang berhubungan dengan peradangan, seperti nyeri sendi dan sindrom iritasi usus besar.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa bekerja sebagai anti peradangan alami, menekan sel yang memicu peradangan. Minyak kelapa mempertahankan fungsi memori, karena fungsi memori semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Minyak kelapa menghancurkan bakteri jahat yang bersarang di usus.

8. Cokelat hitam

Tidak semua cokelat dibuat dengan khasiat yang sama; pada kenyataannya, cokelat hitam sangat bermanfaat untuk Anda! Cokelat hitam mengandung flavonol, yang memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Cokelat hitam juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak maupun jantung.

Semakin gelap warna coklat, maka semakin bermanfaat untuk kesehatan.

9. Kuning telur

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengganti sarapan gandum dengan telur dapat membantu anda makan lebih sedikit kalori untuk 36 jam berikutnya. (Robynmac / iStock)
Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengganti sarapan gandum dengan telur dapat membantu anda makan lebih sedikit kalori untuk 36 jam berikutnya. (Robynmac / iStock)

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengganti sarapan gandum dengan telur dapat membantu anda makan lebih sedikit kalori untuk 36 jam berikutnya. (Robynmac / iStock)

Kuning telur mengandung sejumlah besar kolin, yang membantu perkembangan otak janin pada wanita hamil. Kuning telur juga memecahkan bethan, suatu zat kimia yang menghasilkan hormon yang berkaitan dengan kebahagiaan. Maka makan telur dapat membuat Anda bahagia!

10. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk otak. Minyak zaitun mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang bermanfaat meningkatkan pembelajaran dan memori otak, awet muda serta sehat. Minyak zaitun juga membantu melawan ADDL, suatu protein yang beracun untuk otak dan menyebabkan Alzheimer.

11. Sayuran berdaun hijau

Makan sayuran berdaun hijau secara rutin, seperti kale, lobak, dan selada dapat mencegah terjadinya demensia (pikun) menurut penelitian baru.

Dalam penelitian yang meneliti kebiasaan makan dan kemampuan mental pada lebih dari 950 orang dewasa tua dengan perbedaan usia lima tahun, orang dewasa tua yang makan satu porsi sayuran berdaun hijau sekali atau dua kali sehari lebih lambat mengalami penurunan mental daripada orang dewasa tua yang tidak makan sayuran, yang juga melibatkan faktor-faktor seperti usia, pendidikan dan riwayat keluarga adanya demensia (pikun).

12. Rosemary

Kita sudah tahu bahwa minyak rosemary memiliki berbagai manfaat. Asam carnosat, adalah salah satu bahan utama yang terkandung dalam rosemary, mencegah terjadinya kerusakan sel otak, dengan cara melindungi otak dari radikal bebas kimia penyebab kerusakan sel, Alzheimer, stroke dan penuaan yang normal.

13. Ikan salmon

Jika Anda suka makanan laut, salmon adalah salah satu yang paling bergizi, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak! Salmon mengandung asam lemak omega-3 untuk menjaga fungsi otak agar berjalan lancar dan meningkatkan memori.

14. Kunyit

Akar dan bubuk kunyit (Oliver Hoffmann / iStock / Thinkstock)
Akar dan bubuk kunyit (Oliver Hoffmann / iStock / Thinkstock)

Kunyit, adalah rempah yang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan penyakit. Berkat curcumin, yaitu senyawa kimia yang ditemukan dalam kunyit, rempah ini sebenarnya merupakan salah satu agen anti peradangan yang paling kuat (dan alami).

Kunyit juga meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tetap sehat, serta meningkatkan asupan oksigen ke otak, sehingga membuat Anda waspada dan dapat memproses informasi yang masuk.

15. Kenari

Hanya dengan mengonsumsi beberapa kenari setiap hari dapat meningkatkan kesehatan fungsi kognitif Anda. Kenari mengandung kadar antioksidan, vitamin dan mineral yang tinggi sehingga meningkatkan kewaspadaan mental. Vitamin E dalam kacang-kacangan juga membantu mencegah terjadinya Alzheimer.( Epochtimes/Josh Axe/Vivi/Yant)

Share

Video Popular