Kakek Sodimejo atau Mbah Gotho  lahir pada tanggal 31 Desember 1870, kini berusia 145 tahun, jika usia ini benar, maka akan memecahkan rekor dunia. Saat ini, orang tua bergerak bebas, hanya ada satu keinginan, ia berharap sebenarnya ingin meninggal.

Mbah Gotho, demikian ia biasa dipanggil, penduduk Sragen, Jawa Tengah ini telah menyaksikan 10 saudara dan saudari semua sudah meninggal, empat istri dan semua anak-anaknya juga semua telah meninggal, ia kini tinggal bersama cucu dan cicitnya.

Sejak tahun 1992 telah mempersiap diri untuk meninggal, saat itu ia menyiapkan peti mati dan kuburan untuk dirinya, tetapi sampai sekarang tubuh masih sehat. Dia mengatakan: “Yang saya inginkan adalah meninggal. Cucu saya semua sudah mandiri.”

https://www.youtube.com/watch?v=w4cM-zV5sM8

Pejabat setempat menegaskan bahwa Mbah Gotho lahir pada tanggal 31 Desember 1870, tetapi masih membutuhkan verifikasi secara independen untuk mengkonfirmasi usianya. Jika tanggal ini benar, dia akan menjadi pemegang rekor orang tertua di dunia. Rekor saat ini adalah Jeanne orang Perancis yang meninggal pada tahun 1997, ketika ia meninggal usianya 122 tahun.

Selama ini kesehatan Mbah Gotho masih baik, tapi tiga bulan terakhir, meskipun ia masih berjalan dengan bebas, tapi karena terlalu lemah, cucu, cicit membantunya mandi juga menyuapnya.

Dalam KTP tercatat tanggal lahir Mbah Gotho adalah 31 Desember 1870. (Foto NTD)
Dalam KTP tercatat tanggal lahir Mbah Gotho adalah 31 Desember 1870. (Foto NTD)

Ketika ditanya rahasia umur panjang, Mbah Gotho berkata: “Caranya adalah bersabar.”(Lim)

Share

Video Popular