Sebagai orang tua, akan menghadapi banyak tantangan sekaligus meningkatkan pengetahuan mereka. Orang tua baru cenderung banyak khawatir ketika anak mereka mengalami suatu penyakit, mereka penuh dengan rasa cemas dan bingung. Sembelit adalah salah satunya. Sembelit adalah suatu kondisi di mana buang air besar seseorang yang tidak teratur, mengarah ke pengerasan tinja dan kesulitan dalam buang air.

Jika tidak mengobati sembelit pada waktu yang tepat, dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan utama seperti penumpukan tinja dan fistula. Sembelit sering terjadi pada anak-anak, karena mereka mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika mereka mendapatkan dorongan untuk buang air besar, dengan menahanya sehingga dapat menyebabkan pengerasan tinja.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mencegah atau mengurangi sembelit pada anak-anak.

1. Air

sangat penting untuk memastikan bahwa anak Anda mengonsumsi air yang cukup, setidaknya satu liter dalam sehari, untuk mencegah sembelit dan kesehatan secara menyeluruh.

2. Pisang

Pisang kaya akan kandungan serat dan dapat mengurangi sembelit. Berikan anak Anda satu atau dua buah pisang, lembutkan pisang jika anak Anda belum tumbuh gigi sepenuhnya.

3. Apel

Anda bisa merebus apel dan lembutkan berikan pada anak, apel kaya akan antioksidan dan serat yang membantu meringankan sembelit.

4. Minyak zaitun

Jika anak Anda memiliki sembelit yang parah, Anda dapat memberi makan anak Anda satu sendok minyak zaitun, ini akan melumasi usus besar dan melunakkan tinja, sehingga memperlancar buang air besar.

5. Lidah buaya

Dengan mencampurkan satu sendok makan jus lidah buaya dengan air hangat dan berikan pada anak Anda. Karena lidah buaya kaya akan kandungan serat, sehingga Anda dapat membantu mengurangi masalah sembelit pada anak Anda.

6.Dadih

Pastikan bahwa Anda memberikan dadih menjadi bagian dari diet anak Anda. Dadih memiliki kemampuan untuk meningkatkan bakteri sehat dalam usus besar, sehingga mempermudah mengatur pergerakan dalam usus.

7. Jus jeruk

Berikan jus jeruk pada anak Anda, jus jeruk kaya akan vitamin C dan kandungan air, sehingga dapat mencegah sembelit dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular