JAKARTA – Jessica Kumala Wongso yang kini tengah berjuang di pengadilan untuk membuktikan bahwa dirinya bukan pelaku yang menyebabkan Mirna tewas diracun karena Sianida, dihebohkan dengan kemunculan kopi dengan tampilan wajah Jessica.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menanggapinya sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di media sosial mulai Selasa (23/8/2016) terkait produk kopi dengan merek Jessica. Kopi tersebut dalam kemasannya mencantumkan kata “asli tanpa sianida” dan  ”Hai Ngopi Yuk”.

Atas kopi yang beredar ini Badan POM dalam keterangannya, Selasa (30/8/2016) memandang perlu memberikan penjelasan sebagai berikut :

  • Petugas Balai Besar POM di Surabaya telah melakukan penelusuran dan menemukan serta melakukan pemeriksaan terhadap pembuat kopi tersebut yang bernama Haris pada Kamis, 25 Agustur 2016.
  • Produk kopi merek “Jessica” produksi CV Ras Muhammad – Surabaya yang dijual secara online (Facebook) tidak memiliki izin edar MD/ML dari Badan POM atau nomor  PIRT dari Pemda/Dinas Kesehatan sesuai peraturan yang berlaku.
  • Dalam kemasan produk kopi  tersebut juga mencantumkan tulisan halal tidak sesuai ketentuan.
  • Menurut keterangan pembuat kopi, sejauh ini baru memproduksi sebanyak 2 kali dimana setiap kali produksinya menggunakan bahan sebanyak 1 kg kopi yang dikemas menjadi 15 sachet @150 gram dalam bentuk campuran dengan gula, dan pada saat pemeriksaan produk jadi sudah habis.
  • Pembuat kopi menjelaskan sejak 23 Agustus 2016 telah menghentikan kegiatan pembuatan kopi tersebut, karena setelah adanya pemberitaan di media online, pembuat menyadari perbuatan tersebut tidak etis karena menggunakan nama seseorang yang sedang terkena kasus dan tanpa izin yang bersangkutan.
  • Petugas Balai Besar POM di Surabaya menginstruksikan kepada pembuat kopi untuk menghentikan kegiatan produksi dan pembuat kopi membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi memproduksi produk yang tidak sesuai ketentuan dan tanpa izin edar .
  • Pelaku telah membuat surat pernyataan untuk “tidak akan memproduksi produk kopi yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tanpa izin edar”.
  • Badan POM mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap produk Obat dan Makanan yang dijual secara online.
  • Pastikan produk yang dibeli telah memiliki nomor izin edar dan aman untuk dikonsumsi. (asr)

 

Share

Video Popular