Mint adalah herbal yang memberi sensasi sejuk yang digunakan dalam makanan dan obat di seluruh dunia. Sensasi sejuk mint berasal dari minyak mentol yang mudah menguap. Mentol adalah kristal lilin yang merangsang reseptor dingin yang ada di dalam sel lidah. Itulah sebabnya mengapa obat batuk cair, pasta gigi dan permen karet yang mengandung mint memberi sensasi sejuk.

Mint memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat yang paling terkenal adalah untuk mengobati gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah di pagi hari pada ibu hamil, kram perut, dan nafas tidak segar.

Dalam bukunya ‘The Green Pharmacy,’ Dr. James A. Duke seorang ahli herbal dan botani pada USDA’s Agricultural Research Service menjelaskan manfaatnya namun pemerintah Amerika Serikat tidak mengakui manfaat tersebut.

“Sebagian besar ahli herbal termasuk saya salut akan kemampuan peppermint untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Saya memberikan peppermint kepada pasien saya sejak tahun 1990, di mana ditahun tersebut Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan pernyataan bahwa peppermint tidak bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini bukan berarti bahwa peppermint tidak berkhasiat, tetapi pernyataan FDA yang tidak berguna,” kata Dr. James A. Duke.

Perbedaan pendapat ini disebabkan karena beberapa penelitian tidak mendukung khasiat mint dalam mengobati gangguan pencernaan, walaupun sebagian besar penelitian mendukung khasiatnya. Lagi pula, reputasinya dalam menyembuhkan gangguan pencernaan telah terbukti beberapa ribu tahun yang lalu, yang tertera dalam tulisan medis tertua. Komisi E Jerman yang menangani obat herbal, masih menganjurkan khasiat mint.

Nyeri dan peradangan

Kadang sensasi sejuknya terasa seperti sensasi pedas. Nama peppermint dijuluki demikian karena memberi sensai pedas. Hal ini berarti peppermint mempunyai efek mati rasa dan meningkatkan peredaran darah, sehingga mint sangat ampuh meredakan nyeri.

Penelitian di Jerman pada tahun 1996 membuktikan bahwa minyak peppermint yang dioleskan pada dahi bermanfaat untuk meredakan nyeri kepala yang sama ampuhnya dengan mengonsumsi 1.000 miligram asetamonofen (Tylenol).

Dingin dan flu

Mint bermanfaat menyembuhkan flu perut dan mengobati gejala infeksi saluran nafas. Sensasi sejuk mentol meredakan sakit dan nyeri, membuka pori-pori untuk meredakan demam, secara sementara meredakan batuk dan sinus yang tersumbat.

Juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus serta mengandung kadar vitamin C yang tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terlindung dari penyakit. Mentol sering digunakan dalam praktek kedokteran gigi modern bukan karena rasanya juga karena meredakan infeksi, bahkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik.

Bagaimana menggunakan mint

Dimakan. Mint sangat berlimpah di musim panas. Daun mint segar dan daun peterseli yang dicincang dapat ditambahkan ke dalam salad. Daun spearmint dengan semangka yang dipotong dadu dan air lemon diminum pada saat cuaca panas.

Cobalah teh daun mint untuk meredakan gangguan pencernaan. Daun mint yang telah dikeringkan lebih mudah digunakan daripada daun yang masih segar, karena kita tidak memerlukan banyak daun kering untuk membuat seduhan teh mint dengan aroma yang kuat. Namun, pastikan Anda menggunakan daunnya dengan aroma yang kuat. Teh kantong mint yang telah kadaluarsa tidak memberikan aroma yang kuat karena sudah tidak mengandung mentol sehingga sudah tidak berkhasiat.

Untuk membuat seduhan teh mint, didihkan air. Tambahkan daun ke dalamnya. Tutup wadah minimal selama 20 menit supaya minyak atsiri yang bermanfaat untuk kesehatan itu tidak menguap. Dapat disajikan hangat atau dingin.

Karena berkhasiat meredakan nyeri otot, maka mentol sering ditambahkan dalam salep oles untuk meredakan nyeri otot. Jika Anda ingin membuat minyak peppermint yang murni, maka tambahkan minyak peppermint dengan minyak almond atau kelapa atau zaitun untuk mencegah iritasi kulit.

Minyak peppermint disajikan dalam bentuk kapsul bersalut enterik (suatu polimer) untuk menyembuhkan gejala iritasi usus, karena teh dan cairan mint lainnya akan kehilangan khasiatnya saat meninggalkan lambung, maka minyak peppermint disimpan dalam kapsul bersalut enterik untuk memastikan khasiat minyak atsiri bekerja di dalam usus. Jangan mengonsumsi minyak atsiri mint tanpa disimpan dalam kapsul bersalut enterik karena akan membakar mulut dan esophagus (saluran ke lambung).

Tentang tanaman mint

Mint mudah tumbuh hingga menyerupai semak, maka lebih baik untuk menanam dalam pot.

Tanaman mint sangat memerlukan air maka jangan biarkan tanaman menjadi kering akibat kekurangan air. Itulah sebabnya tanaman ini tumbuh subur di pinggir sungai atau danau.

Mint korsika berasal dari Itali yang tampak berbeda dengan sebagian besar tanaman mint, karena berdaun kecil dan mirip tanaman yang menutupi tanah. Mint korsika digunakan untuk membuat arak  yang bernama Crème de Menthe.

Manusia menyukai baunya, namun serangga dan tikus tidak menyukainya, oleh sebab itu petani menempatkan wadah yang mengandung mint di dekat tanaman sayurannya yang sering dimakan oleh kutu.

Mint berasal dari kata minthe (bahasa Yunani). Menurut legenda Yunani,minthe adalah peri air yang cantik yang membuat Hades, raja Neraka mencintainya. Hal ini membuat Persephone, istri raja Hades cemburu. Persephone menyihir minthe menjadi tanaman yang kurus dan tidak menarik sehingga tidak seorang pun yang ingin menginjaknya. Karena merasa terpukul, Hades memberi aroma mint kepada tanaman tersebut.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular