JAKARTA – Presiden Jokowi resmi menyampaikan surat kepada pimpinan DPR RI terkait pergantian Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Surat disampaikan secara langsung Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR RI, Ade Komarudin, Jumat (2/9/2016).

“Presiden mengusulkan nama Budi Gunawan sebagai pengganti Sutiyoso, proses selanjutnya ada di DPR karena akan memberikan pertimbangannya,” kata Pratikno dalam konperensi pers bersama pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI.

Mensesneg mengatakan alasan pergantian hanya regenerasi semata apalagi jabatan Kepala BIN tak berdasarkan periodesasi jabatan. Sedangkan pengusulan nama sebagai Kepala BIN, Mensesneg mengungkapkan ada pertimbangan tertentu yang tak bisa disampaikan ke publik secara rinci.

Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan setelah menerima surat Presiden yang disampaikan oleh Mensesneg, pimpinan DPR selanjutnya akan segera mengadakan rapim untuk menentukan jadwal, guna menindaklanjuti hal ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Rapim aka dilakukan Senin mendatang  dan selanjutnya pada saat rapat dengan Pimpinan Fraksi serta menugaskan kepada Alat Kelengkapan yang sesuai dengan mitranya yakni Komisi I DPR RI.

Ade Komarudin menambahkan, pimpinan DPR juga akan menugaskan kepada Komisi I DPR RI untuk mengelar uji tes dan kelayakan Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN. Selanjutnya akan ditentukan jadwal paripurna tentang hasil tes dan uji kelayakan Komisi I DPR RI tentang pergantian Kepala BIN.

“Kita akan segera tindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Akom didampingi Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan.

Komjen Budi Gunawan adalah Wakapolri yang menjabat sejak 22 April 2015. Dia sebelumnya pernah dicalonkan sebagai calon Kapolri oleh Jokowi, namun KPK menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka tiga hari kemudian.

Tetapi DPR meloloskan pencalonannya sebagai Calon Kapolri, meski demikian Jokowi tak melantik sebagai Kapolri serta memilih Wakapolri Badrodin Haiti sebagai plt selanjutnya Badrodin Haiti resmi dicalonkan Jokowi sebagai calon Kapolri dan disetujui DPR RI. Budi Gunawan hanya menjabat sebagai calon Wakapolri setelah penetapannya sebagai tersangka dibatalkan oleh hakim Sarpin Rizaldi dalam gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.  (asr)

Share

Video Popular