Pemilihan Dewan Legislatif Hongkong, Senin (5/9/2016) hari ini telah menyelesaikan perhitungan suara. Kubu pro  domokrasi Hongkong berhasil mempertahankan 1/3 hak veto.

Reuters melaporkan bahwa kompetisi kali ini berjalan sangat ketat, partisipasi dari peserta pemilu pun mencapai rekor tertinggi selama ini. Ada 6 orang kandidat pro demokrat yang didiskualifikasi karena mendukung kemerdekaan.

Parlemen saat ini memilih total 70 kursi, 35 kursi dipilih langsung oleh zonasi lokal dengan 1 orang 1 suara. Ini mencerminkan demokrasi yang sebenarnya. Sedangkan 30 kursi lainnya diisi oleh konstituen fungsional yang mewakili kepentingan industri.

5 kursi sisanya diisi oleh Dewan Distrik (Kedua). Meskipun juga konstituen fungsional, tetapi 5 kursi diperebutkan oleh daerah yang berbeda, seluruh Hongkong sebagai konstituen tunggal, 1 orang pemilih memiliki 1 hak suara.

Hasil pemilihan Legco hari ini diumumkan. Kubu pro demokrasi bersama kubu lokal memenangkan 19 kursi di parlemen, bertambah sebanyak 1 kursi jika dibandingkan dengan pemilihan yang lalu.  (Central News Agency/sinatra/rmat)

Share

Video Popular