Apakah Anda sedang menghadapi gejala rutin siklus bulanan atau menghadapi tantangan baru seperti hot flashes dan suasana hati Anda di masa menopause, Anda sudah tahu bagaimana hormon dapat mempengaruhi tubuh. Dan tampaknya tidak ada tanda-tanda, namun Anda dapat merasa benar-benar merasasakan, sulit tidur, menjadi lebih mudah marah, dan banyak lagi.

Sebelum Anda menyerah dengan masalah ini, ingat meskipun itu membuat Anda frustasi, mereka dapat diatasi dan ada banyak cara alami untuk menyeimbangkan hormon Anda.

Berikut adalah enam langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk mengatur hormon tubuh Anda secara alami.

Berjemur sinar Matahari secara rutin

Setelah terpapar dengan sinar Matahari, kulit akan memproduksi vitamin D atau menyerapnya dari makanan tertentu, seperti daging ikan yang berlemak atau minyak ikan. Vitamin D bukanlah hormon, tetapi merupakan pro-hormon yang harus diubah oleh tubuh menjadi hormon. Vitamin D mengurangi risiko timbulnya penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Maka berjemurlah sinar Matahari namun tidak boleh terlalu lama karena akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Berjalan-jalan menikmati alam terbuka

Dari sudut pandang keseimbangan hormon, latihan fisik yang terlalu berat malah berbahaya daripada bermanfaat, maka lakukan latihan fisik yang ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau melompat-lompat di atas trampolin.

Dengan berjalan-jalan menikmati alam terbuka akan menyegarkan pikiran yang berguna untuk menyeimbangkan hormon. Peneliti telah membuktikan bahwa berjalan-jalan menikmati alam terbuka akan menurunkan kadar kortisol, namun tidak menurunkan tekanan darah.

Batasi asupan kafein

Tidak masalah jika Anda hanya minum secangkir kopi setiap pagi. Namun bila Anda minum beberapa cangkir kopi dalam sehari, maka akan memperburuk kadar estrogen Anda, pendapat ini berdasarkan hasil penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition.

Asupan kafein yang tinggi akan dapat menurunkan atau meningkatkan kadar estrogen, tergantung pada kondisi kesehatan Anda. Untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur keseimbangan hormon secara alami, maka hindarilah asupan kopi, soda, dan sumber kafein lainnya.

Harus cukup tidur

Tidur yang cukup akan menambah energi, menurunkan risiko menderita penyakit tertentu, dan memegang peranan penting untuk keseimbangan hormon. Karena tidur yang cukup secara langsung memengaruhi sistem hormon dan sistem kekebalan tubuh, maka pastikan Anda cukup tidur setiap malam.

Kamar tidur Anda harus segelap mungkin, gunakan penutup telinga untuk mengurangi terdengarnya bunyi yang mengganggu, dan suhu ruangan yang sejuk. Hindari untuk bekerja di depan layar komputer atau menonton televisi sebelum tidur untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk beristirahat.

Kurangi timbulnya stres

Stres adalah berbahaya untuk kesehatan tubuh melalui berbagai cara. Salah satu masalah terbesar yang ditimbulkan oleh stres adalah terganggunya siklus hormon yang normal. Lihatlah gaya hidup Anda saat ini: Adakah stres yang dapat menghancurkan hidup Anda? Bagaimana Anda menetralkan kepanikan yang terjadi?

Jika tidak ada cara untuk mengubah faktor penyebab stres, teknik meditasi apa atau pola istirahat yang bagaimana yang membuat Anda berdamai dengan stres? Terserah dengan apa yang Anda lakukan, yang terpenting Anda menemukan cara untuk mengurangi keparahan stres, maka hal ini akan menguntungkan untuk Anda sendiri serta kesehatan Anda.

Konsumsi lebih banyak asam lemak omega-3

Jika Anda belum tahu apa itu omega-3, maka yang harus Anda ketahui omega-3 adalah asam lemak esensial yang membuat hormon lebih mudah melekat pada sel. Anda dapat makan makanan yang mengandung banyak omega-3 yaitu flaxeed, walnut, sardin, salmon, kubis Brussel dan lainnya.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular