Foto mengejutkan yang menunjukkan bagaimana sebuah sungai Arktik telah berubah merah yang membuat penduduk setempat khawatir. Kondisi dari sungai Daldykan di ujung utara Siberia yang  berubah warna dengan cepat diduga setelah adanya cairan yang keluar dari limbah industri pabrik nikel, walaupun  ada yang menepis dugaan tersebut.

Gambar sungai yang disorot dalam media sosial Rusia tersebut, penduduk setempat mengatakan adanya masalah di sebuah pabrik, yang dikenal sebagai Pabrik Nadezhda Metallurgical, sebagai penyebab air berubah secara menakutkan itu.

Pabrik milik perusahaan logam raksasa Norilsk Nickel mengatakan sedang memeriksa laporan tentang warna merah amis sungai tersebut.

Seorang sumber dari pabrik mengatakan, “Pemantauan lingkungan di sekitar sungai dan fasilitas-fasilitas produksi yang terletak di antaranya milik perusahaan tersebut ditahan, termasuk penerbangan helikopter.”

penyebab sungai berubah warna merah darah
Pabrik logam raksasa milik Norilsk Nickel mengatakan sedang memeriksa laporan tentang warna merah amis sungai.

The Siberian Times  dalam laporannya juga menjelaskan bahwa produksi pabrik juga terus berkurang di wilayah pabrik Krasnoyarsk yang memproses konsentrat nikel.

Namun perusahaan menambahkan, “Divisi Norilsk Nickel yang terletak dekat kutub tidak mengkonfirmasi adanya kebocoran darurat pada pelepasan limbah industri masuk ke Sungai Daldykan yang dapat mempengaruhi keadaan itu.”

Apapun dugaan yang menjadi penyebab warna air sungai berubah merah selama ini, kenyataannya sampai saat ini masih belum terpecahkan secara pasti apa yang menjadi penyebabnya, termasuk yang menjadi penyebab warna salju berubah menjasi merah. Seperti dilaporkan dalam kasus ini, penduduk setempat mengatakan pada media sosial bahwa itu bukan pertama kalinya warna sungai berubah merah dan di musim dingin salju juga berubah merah. (ran)

Share

Video Popular