Estrogen merupakan suatu hormon yang penting bagi pria maupun wanita. Ia memainkan peran yang penting dalam sistem reproduksi dan perkembangan karakteristik seksual wanita. Selain itu juga memiliki peran dalam fungsi reproduksi laki-laki.

Akan tetapi kelebihan estrogen pada wanita ataupun laki-laki bisa berakibat buruk. Ia dapat menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, gangguan tiroid dan sebagainya. Sebelum Anda menerapkan tips di bawah ini, mencari tahu apakah tubuh Anda memiliki kelebihan estrogen.

Jangan khawatir apabila Anda menduga memiliki tingkat estrogen tinggi. Kelebihan estrogen dapat disingkirkan secara alami, tanpa perlu mengonsumsi obat sintetis. Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan diet dan gaya hidup.

1. Mengonsumsi jamur

Kebanyakan jamur dikenal untuk mengurangi produksi aromatase, enzim yang fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan estrogen. Mengonsumsi berbagai jenis jamur seperti, portobello, crimini, jamur kancing dan shiitake, dapat membantu menghambat estrogen.

Anda dapat menambahkan jamur mentah sebagai tambahan salad atau dimasak sup. Sebelumnya pelajari dahulu cara pengolahan dan jenis jamur agar terhindar dari keracunan.

2. Kurangi atau hapus asupan susu

Dalam artikel yang mengulas tentang kesuburan laki-laki, Dr. Michael Greger menjelaskan bahwa susu adalah sumber tertinggi dari estrogen dalam makanan kita. Susu sapi mengandung estrogen yang tinggi, terutama ketika sapi diperah selama kehamilan.

Anda dapat mengurangi asupan estrogen lebih dari 50 persen hanya dengan menghapus susu dari asupan Anda sehari-hari, dan menggantinya dengan alternatif yang lezat seperti susu kedelai, almond dan lain-lain.

3. Kurangi mengonsumsi bir

Kebanyakan minuman beralkohol sangat estrogenik. Tapi bir dikenal dapat meningkatkan lebih banyak estrogen dibandingkan minuman beralkohol lainnya. Jadi, minumlah dalam skala yang tepat atau hindari jika tingkat estrogen Anda sudah tinggi.

Untuk diketahui bahwa minuman anggur Spanyol dan Sardinia memiliki antioksidan yang benar-benar dapat mengurangi estrogen.

4. Menurunkan lemak tubuh

Estrogen disimpan dalam sel lemak, sehingga semakin banyak lemak tubuh yang Anda miliki, maka semakin banyak estrogen yang Anda bawa. Menambah lemak meningkatkan kadar aromatase yang akibatnya meningkatkan produksi estrogen.

Mengubah komposisi tubuh Anda dengan meningkatkan massa otot dan menghilangkan lemak untuk menyeimbangkan kadar estrogen.

5. Hindari wadah plastik dan botol

Kebanyakan produk plastik mengandung Bisphenol-A (BPA), atau senyawa yang mengaktifkan reseptor estrogen. Bahkan, penelitian telah mengaitkan BPA dengan berat badan.

BPA biasanya ditemukan pada plastik dan makanan kaleng. Baca artikel berikutnya bagaimana cara menghindarinya.

6. Makan buah anggur merah

Buah anggur merah mengandung resveratrol dan pro-antosianidin, sejenis bahan kimia yang menghambat produksi estrogen.

Zat kimia ini ditemukan dalam biji dan kulit, jadi pastikan Anda mengonsumsi semuanya. Makan anggur merah sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam salad Anda.

7. Mengonsumsi sayuran cruciferous

Sayuran yang termasuk keluarga cruciferous, seperti brokoli, kale, kubis, sawi, kembang kol dan kubis Brussel. Sayuran ini mengandung phytochemical yang dapat mencegah produksi estrogen.

Dengan mengonsumsi sayuran ini, secara bersamaan Anda akan meningkatkan asupan sayuran dan menurunkan kadar estrogen.

8. Makanan organik

Bahan kimia dan pestisida dalam makanan dapat mengaktifkan reseptor estrogen ketika diserap dalam tubuh. Mengonsumsi produk organik akan mengurangi racun dalam tubuh dan tingkat estrogen yang lebih rendah.

Diet dan perubahan gaya hidup ini akan membantu mengurangi kelebihan estrogen dalam tubuh. Namun disarankan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk langkah lebih lanjut. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Share

Video Popular