Oleh: Ren Hao

Jumat (9/9/2016)  pagi, langit malam di negara kepulauan Siprus, yang terletak di laut Mediterania timur disuguhkan dengan sebuah pemandangan cahaya putih kehijauan yang diiringi dengan ledakan keras. Bahana ledakan itu sontak membuat panik penduduk setempat. Sementara itu, menurut analisa astronom, itu adalah suara ledakan dari sebuah meteorit.

Melansir laman Agence France-Presse-AFP, fenomena ganjil di atas langit Siprus yang terjadi pada Jumat (9/9/2016)   pagi antara pukul 00:01 waktu setempat, tampak sebuah objek melesat bak seberkas cahaya terang melintasi angkasa malam diiringi dengan gemuruh yang keras. Sontak membuat panik  penduduk sekitar, sementara pihak kepolisian setempat secara berturut-turut mendapatkan ratusan pengaduan tentang ledakan itu.

“Meteorit itu melintasi Siprus dengan sudut kemiringan  45 derajat diiringi dengan gemuruh yang keras,” kata Ioannis Fakas, ketua kehormatan dari Siprus Astronomical Society.

Menurut keterangan polisi setempat, mereka mendapatkan laporan dari warga Troodos sekitar pukul 01 dini hari tentang penampakan cahaya putih kehijauan di angkasa, kemudian mendengar ledakan yang sangat keras. Beberapa diantaranya bahkan melaporkan adanya getaran pada permukaan tanah.

Sebagian meteorit diyakini jatuh di perairan utara Siprus. Menurut Fakas kepada Cyprus Broadcasting Corporation, meteorit itu meledak ketika melintasi angkasa Siprus, dan diperkirakan beratnya hanya beberapa kilogram.

“Kami belum bisa mengonfirmasikan apakah itu (batu) meteorit atau bukan, tapi besar kemungkinan ya. Banyak saksi mata yang melaporkan melihat seberkas cahaya yang melintasi angkasa, diiringi dengan serangkaian gemuruh suara yang sangat keras, yang terdengar sampai di wilayah Nocosia dan Limassol,” sebut Agence France-Presse-AFP yang mengutip pernyataan dari pihak kepolisian Siprus.

Hingga saat ini, otoritas setempat masih sibuk mencari puing-puing meteorit yang jatuh. (ntdtv/joni/rmat)

 

Share

Video Popular