JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi melantik Komisaris Jenderal Syafrudin sebagai Wakil Kepala Polri sebagai pengganti Jenderal Budi Gunawan di Aula Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9/2016).

Komisaris Jenderal Syafrudin mengisi jabatan Wakapolri untuk menggantikan Jenderal Budi Guanawan yang secara resmi sudah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Jabatan yang diemban oleh pria kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan ini adalah sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri selama lebih setahun lalu. Syafrudin juga mengisi Jabatan Kepala Lembaga Pendidikan yang ditinggalkan oleh Budi Gunawan yang dilantik sebagai Wakapolri.

Saat berbintang dua, Jenderal dari Unit Lembaga Pendidikan ini pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 2012.Syafruddin sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1985, pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes) pada 2004-2009.

Syafrudin lalu dipromosikan menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara pada 2009 dan pangkatnya dinaikkan menjadi Brigader Jenderal. Setahun kemudian oleh Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mempromosikan Syafrudin sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Dia menjabat sebagai Kapolda lebih dari dua tahun tahun hingga selanjutnya dipromosikan sebagai Kadiv Propam Polri.

Melansir dari situs KPK, kekayaan Syafruddin berdasarkan LHKPN 2011 berjumlah Rp3,38 miliar. Kekayaan Syafrudin terdiri atas tanah dan bangunan Rp2,12 miliar, harta bergerak Rp410 juta dan lainnya Rp853,5 juta. (asr)

Share

Video Popular