Maskapai Nasional Kompak Larang Penggunaan Galaxy Note 7

483
Samsung Galaxy Note 7 yang tersedia di Seol, Korea Selatan 8 September 2016 . (AP Photo/Ahn Young-joon)

JAKARTA – Tak hanya Garuda Indonesia dan anak perusahaan Citilink, sejumlah maskapai penerbangan nasional juga mengeluarkan larangan penggunaan Samrtphone Samsung Galaxy Note 7 termasuk menggunakan “Flight Mode”. Maskapai yang mengeluarkan larangan itu adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Wings Air, NAM Air, Air Asia dan Air Asia X.

Public Relations Manager Lion Air Group Andy M Saladin mengatakan imbauan kepada seluruh penumpang tersebut berdasarkan peringatan dari Federal Aviation Administration (FAA). Kepada seluruh penumpan dalam penerbangan Lion Air, Batik Air dan Wings Air diminta tak mengaktifkan Samsung Galaxi Note 7.

Tak hanya mengaktifkan walaupun dengan Flght Mode, penumpang juga diminta tidak melakukan isi ulang baterai dan juga tidak memasukkan perangkat tersebut pada bagasi yang di-check-in oleh penumpang.

Namun demikian, Lion Air tak menyebut bahwa pelarangan penggunaan Galaxy Note 7 berlaku untuk selamanya. Pihak Lion Air menyatakan akan terus mengikuti perkembangan yang disampaikan FAA, namun untuk saat ini pihak Lion Air meminta kepada penumpang untuk memperhatikan pegumuman yang disampaikan.

“Kami akan terus memantau update dari FAA mengenai perkembangan ini, untuk saat ini kami mohon agar para penumpang dapat mengikuti,”  katanya dalam rilis Lion Air, Minggu (12/9/2016).

Sebelumnya Sriwijaya Air juga sudah merilis larangan penggunaan Galaxy Note 7 sejak Jumat lalu. Pengumuman dari Sriwijaya Air dan anak usahanya NAM Air diumumkan setelah maskapai itu mendapatkan imbauan dari FAA. Senior Manager Communication Sriwijaya Air Agus Soedjono kepada media mengatakan pihaknya merilis larangan penggunaan sesuai yang dirilis FAA.

Pengumuman serupa juga disampaikan oleh Air Asia Indonesia menanggapi pengumuman yang disampaikan oleh FAA. Pengumuman ini menyusul terjadinya Samsung Galaxy Note 7 yang meledak dan terbakar dikarenakan baterai.

“Penumpang AirAsia dan AirAsia X yang membawa Samsung Galaxy Note 7 diharuskan mematikan perangkat tersebut hingga turun dari pesawat,”  kicau AirAsia melalui akun Twitternya, Sabtu (10/9/2016).

Tak hanya larangan menyalakan ponsel pintar ini saat terbang dengan Air Asia, pasenggers juga diimbau tak mengisi baterai saat masih dalam penerbangan. Termasuk menempatkan ponsel ini ke dalam bagasi penumpang dan dipersilakan untuk membawa sendir ke kabin. (asr)