Menakjubkan, menjelang ulang tahun “Star Trek” ke-50 tahun, astronom menemukan nebula yang mirip dengan kapal luar angkasa “USS Enterprise.”

Menjelang ulang tahun “Star Trek” yang ke-50 tahun, citra pengamatan infrared dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer menambah kemeriahan penggemar fiksi ilmiah “Star Trek” dengan ditemukannya nebula yang mirip dengan kapal luar angkasa “USS Enterprise,” demikian pernyataan National Aeronautics and Space Administration-NASA dalam laporan penelitian terbarunya.

Teleskop Antariksa Spitzer baru-baru ini berhasil menemukan dua nebula, yang memiliki kemiripan mencolok dengan kapal luar angkasa Enterprise dalam film fiksi ilmiah “Star Trek.”

Menurut penuturan NASA, kedua nebula yang direkam Spitzer ini, tampak seperti bayangan “USS Enterprise” yang muncul dari kegelapan angkasa. Dua nebula dengan bentuknya yang mirip kapal luar angkasa ini masing-masing adalah IRAS 19340+2016, yang mirip kapal luar angkasa Enterprise D (NCC-1701-D) yang muncul dalam film “Star Trek : The Next Generation” dan IRAS 19343+2026 yang mirip dengan kapal luar angkasa “USS Enterprise” (NCC-1701).

“Star Trek” adalah film seri fiksi ilmiah televisi dari Amerika Serikat yang memulai debutnya pada 8 September 1966, film fiksi ilmiah tentang penjelajahan antarbintang dan perang di galaksi, yang akhirnya dimenangkan oleh kebaikan atas kejahatan.

Film ini berkenaan dengan banyak konsep mutakhir dari teknologi saat ini, seperti misalnya superluminal, dunia paralel, lubang cacing, perjalanan waktu, perjalanan antarbintang, koloni di luar angkasa dan semacamnya. Banyak hal yang digambarkan dalam film Star Trek, akhirnya menjadi kenyataan. Contohnya, penggunaan telepon genggam, PC voice control, laser dan teknologi lainnya.

Teleskop Antariksa Spitzer mengabadikan dua nebula unik ini di rasi bintang Vulpecula. Nebula dikenal sebagai daerah pembentukan bintang karena dipenuhi oleh gas dan debu yang mengambang bebas, yang dapat saling menyatu dan akhirnya membentuk sebuah bintang muda maupun sistem bintang.

NASA mengatakan, meski tayangan serial film fiksi ilmiah ini telah berlangsung setengah abad lamanya, tapi masih digemari hingga sekarang oleh para penggemar dan astronom.

Nebula kupu-kupu dan nebula Helix.  (Wikipedia)
Nebula kupu-kupu dan nebula Helix. (Wikipedia)

NASA menuturkan, banyak nebula di alam semesta dengan bentuknya yang ajaib, ada yang bentuknya terlihat seperti semut, kupu-kupu, kuda dan sebagainya, selain itu juga ada yang tampak seperti pasir, pita dan sebagainya.  (Epochtimes/ Su Yang/joni/rmat)

Share

Video Popular