Julia adalah badai tropis yang diramalkan akan merendam Georgia dan Carolina Selatan selama beberapa hari ke depan, mungkin badai paling aneh tahun ini, dimana para ahli meteorologi belum pernah melihat sebelumnya.

Julia menguat dari sistem tropis menjadi badai tropis beberapa kilometer barat Jacksonville, Florida. Sekitar Selasa tengah malam, tanda-tanda pertama kalinya para ahli meteorologi melihat bentuk badai tropis di atas daratan kota tersebut bukannya di lepas pantai, NBC News melaporkan Rabu lalu (14/09).

USA Today dalam laporannya, badai tropis terakhir berkembang melintasi daratan di mana saja di AS adalah Beryl, yang membentuk di atas Louisiana tenggara pada tahun 1988.

Eric Snitil, ahli meteorologi di WSFA menjelaskan, badai tropis biasanya melemah, tidak menguat di atas daratan, namun Florida tampaknya dengan bebas menemui definisi “daratan”. Keadaan tersebut “pada dasarnya adalah rawa besar tanpa pegunungan,” dan kondisi permukaan 25 mil (40 km) pedalaman dapat sangat mirip dengan 25 mil (40 km) lepas pantai , dengan banyak udara yang kaya uap air untuk kekuatan badai tersebut.”

Dengan menyandang penghargaan sebagai “badai tropis paling aneh”, Julia diprediksi bakal berputar meliuk-liuk ke pantai Atlantik selepas Kamis dan Jumat, membawa hujan lebat dan kemungkinan banjir bandang ke daerah pesisir yang basah kuyup oleh Hermine dua pekan lalu, AP melaporkan. (ran)

Share

Video Popular