Mullein adalah gulma yang sering dijumpai di pinggir jalan di tengah keramaian. Daunnya besar mirip wool flanel yang tebal. Setelah tanaman mullein berusia dua tahun, tingginya dapat mencapai 1,8 meter sampai 2,4 meter.

Menjadi herbal favorit dalam obat rakyat Eropa selama berabad-abad, dan dengan cepat diadopsi oleh penduduk asli Amerika ketika datang ke Benua Baru.

Sekarang ini,  terutama digunakan sebagai obat batuk, tetapi memiliki khasiat obat lainnya yang sering diabaikan- yang baru-baru ini ditemukan.

Teh mullein dapat digunakan untuk semua jenis batuk, tetapi sangat cocok untuk batuk kering yang parah, yang menyebabkan nyeri di dada.

Namun, mullein jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekedar sebagai obat batuk, menurut Matius Wood, seorang herbalis yang terdaftar dan penulis beberapa buku herbal. Dalam bukunya yang berjudul “The Book of Wisdom Herbal,” Matius Wood teringat ketika ia menganjurkan temannya untuk mengonsumsi mullein setelah temannya mengalami retak satu tulang rusuk.

Tulang rusuk yang retak mulai mengiritasi jaringan di sekitarnya, dan temannya menderita batuk yang mengganggu. Matius Wood berpikir jika mullein berguna untuk meredakan batuk yang demikian hebat sehingga mematahkan sebuah tulang rusuk, maka mullein dapat digunakan untuk memperbaiki tulang rusuk yang menyebabkan batuk.

Daerah tulang rusuk temannya ditempeli dengan daun mullein dan pada pagi hari tulang rusuk yang mengalami keretakan itu sudah kembali ke posisinya semula. Beberapa hari kemudian, timbul kembali nyeri dan batuk, namun dengan menempelkan beberapa daun mullein di daerah tersebut menyembuhkan keadaan untuk selamanya.

Sejak itu, ahli herbal di seluruh dunia telah menggunakan mullein untuk mengatur tulang dengan sukses besar. Wood menyebutkan seorang chiropractor yang begitu tertarik dengan ide itu, di mana ia berharap ia mengalami patah tulang rusuk sehingga ia dapat mencobanya untuk dirinya sendiri.

“Beberapa tahun kemudian, keinginannya si chiropractor menjadi kenyataan. Ia meletakkan daun mullein di atas daerah tulang rusuk yang patah, dan tulang kembali ke posisinya semula, “kata Martin Wood.

Kemudian si chiropractor ingin membuktikan pengobatan secara ilmiah terhadap pasiennya yang mengalami kecelakaan mobil. Cedera yang dialami pasien ini jauh lebih rumit dibandingkan cedera yang dialami si chiropractor karena rusuk pasiennya saling menusuk satu sama lain sehingga menjadi lebih sulit untuk mengaturnya kembali ke posisinya semula. Ia melakukan pemeriksaan X-ray terhadap pasien tersebut, menempelkan daun mullein pada daerah tulang rusuk pasien yang cedera, dan menyuruhnya pulang.

“Pasien datang kembali keesokan harinya dan mendapatkan hasil X-ray di mana tulang-tulang rusuknya telah kembali ke posisinya semula. Si chiropractor telah membuktikan suatu keajaiban yang nyata,” kata Martin Wood.

Selain penemuannya terhadap mullein, Martin Wood dikenal di masyarakat herbal akan penemuannya terhadap adanya indikasi baru untuk beberapa herbal lainnya.

Doctrine of Signatures telah digunakan sejak jaman dahulu oleh dokter dan tabib untuk memahami semua mengenai tanaman.

Ide di balik Doctrine of Signatures adalah bahwa tanaman menyerupai bagian tubuh dapat digunakan untuk mengobati bagian tubuh tersebut.

Doctrine of Signatures menjadi metode untuk menghubungkan alam dan penyakit. Daun mullein yang besar mirip wool flanel yang tebal mirip seperti paru-paru, maka daun mullein berkhasiat menyembuhkan batuk.

“Daun besar sering bermamfaat sebagi obat untuk menyembuhkan penyakit paru. Daun yang besar menunjukkan banyak luas permukaan untuk transpirasi—di mana air menguap dari daun ke atmosfer. Sama seperti pernafasan pada manusia,” kata Martin Wood.

Keadaan lain yang menunjukkan daun mullein menyerupai paru-paru manusia adalah bulu-bulu halus di permukaannya daun mullein. Martin Wood membandingkan bulu-bulu wool di permukaan daun mullein mirip dengan silia dalam sistem pernapasan kita. Silia adalah serat mikroskopis yang berfungsi untuk menangkap partikel di paru-paru sehingga kita dapat membatukkannya keluar dari tubuh kita.

“Mullein dapat digunakan untuk mengobati iritasi bronkus dari polusi udara di mana partikel di udara yang mengganggu paru-paru, terutama jika silia dipakai semua.”

Pada permukaannya, tampaknya seperti tanaman yang sangat kering, tetapi di dalamnya terdapat lendir. Martin Wood mengatakan lendir tanaman yang terasa asin ini membantu menarik air ke dalam jaringan yang kering. Hal ini tidak hanya membasahi paru-paru yang kering, tetapi juga manfaat untuk menyembuhkan sendi kaku.

“Banyak hal yang teratasi jika jaringan dilumasi dengan baik, terutama masalah otot dan sendi. Mullein melumasi tulang yang patah dan membantu tulang yang patah menyelinap kembali ke tempat yang tepat dan diatur dengan tepat. Lendir ini mengendurkan, melembutkan dan melumasi. Kadang tulang diatur segera setelah diobati dengan daun mullein. Daun mullein berkhasiat untuk pengaturan tulang, tetapi kita tidak tahu apakah berkhasiat untuk pertumbuhan tulang,” kata Martin Wood.

Lendirnya secara alami membilas sistem limfatik, dan secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit kelenjar getah bening yang kronis.

Ahli herbal dari Michigan yang bernama Jim McDonald menemukan bahwa daun mullein berkhasiat meluruskan punggung.

Martin Wood berkata, “Jim McDonald memperkenalkan akar mullein untuk mengatur tulang belakang. Ia menyadari bahwa tanaman ini  tumbuh begitu lurus pada tahun kedua, sehingga semestinya tanaman mullein memiliki banyak energi lurus. Hal ini masuk akal. Mullein memang mirip seperti tulang belakang.”

Jim McDonald juga menemukan bahwa teh akar mullein sangat berkhasiat untuk menyembuhkan nyeri saraf, dan telah berhasil digunakan untuk mengobati neuralgia wajah.

“Cairan akar mullein membuat saraf tidak tegang dan lembab sehingga dapat memiliki muatan listrik untuk melompatkan sinaps dari satu sel ke sel lainnya,” kata Martin Wood.

Nama botani untuk mullein adalah Verbascum, berasal dari kata Latin untuk beard—yang merujuk pada daun berbulu. Verbascum Thapsus adalah spesies yang biasanya digunakan dalam pengobatan, tetapi varietas mullein lainnya memiliki khasiat serupa.

Tanaman ini tumbuh dan berkembang selama dua tahun. Tahun pertama, tanaman mullein hanya berupan sekelompok daun dekat dengan tanah. Tahun kedua tanaman mullein tumbuh tinggi.

Bunga-bunga kuning yang mekar di tangkai memiliki khasiat yang unik: menenangkan, anti-peradangan, dan antibakteri. Minyak bunganya adalah obat tradisional kuno yang berkhasiat menyembuhkan nyeri telinga dan mengenyahkan lilin. Isi botol kecil dengan bunga dan minyak zaitun, tutup botol rapat-rapat, taruh di jendela yang mendapat sinar matahari selama satu bulan.

Untuk penggunaan setempat (pengaturan tulang, sendi bengkak, atau artritis), tempelkan daun segar atau oleskan teh mullein di daerah yang terkena. Rasa tehnya terasa sedikit asin.

Jika Anda tidak dapat menemukan tanaman ini tumbuh di sekitar lingkunagn Anda, maka Anda dapat membeli daunnya yang kering secara online. Tetapi Anda tidak perlu membeli banyak karena daunnya yang kering sangat ringan, sehingga membeli sedikit saja, sudah mendapat banyak.

Mullein adalah herbal yang sangat aman, ditoleransi dengan baik, dan tidak beracun.

“Saya tidak berpikir bahwa orang-orang benar-benar perlu khawatir memakai daun mullein terlalu banyak, karena daun mullein tidak beracun,” kata Wood.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular