Wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang kini tak perlu lagi khawatir dan bingung dengan hambatan bahasa. Dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, sejumlah besar perusahaan Jepang kini berinvestasi mengembangkan perangkat komunikasi canggih berupa alat penerjemah bahasa. Salah satu raksasa elektronik Panasonic mengumumkan akan menjual pengeras suara otomatis (megafon) tahun ini.

Perangkat canggih yang diperkenalkan Panasonic ini dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke dalam bahasa Mandarin, Inggris atau Korea. Selain untuk keperluan saat Olimpiade, perangkat ini juga dapat digunakan saat penanggulangan bencana atau perayaan berskala besar, jadi tidak perlu khawatir dan bingung lagi dengan hambatan bahasa di lapangan.

Pengguna cukup menekan tombol dan menghidupkan perintah “terjemahan”, lalu berbicara seperti biasa. Pada saat pengguna berbicara ke dalam megafon dalam bahasa Jepang, software secara otomatis akan menerjemahkannya ke dalam bahasa Mandarin, Inggris atau Korea.

Pengguna juga dapat memilih bahasa yang mereka inginkan pada megafon. Caranya dengan menggunakan layar sentuh di atas perangkat. Megafon ini merupakan produk terbaru Panasonic yang bertujuan untuk mengatasi masalah komunikasi ketika orang bepergian.

Perangkat ini akan diuji coba di bandara, jawatan kereta api, pemerintah daerah dan tempat-tempat lainnya pada akhir Oktober mendatang, dan akan dipasarkan secara resmi setelah menyesuaikan tingkat keakuratannya berdasarkan hasil tes di lapangan.

Selain itu, Panasonic juga mempercepat pengembangan berbagai perangkat terjemahan, seperti kerjasama mengembangkan terminal layar sentuh bersama agen perjalanan Japan Travel Bureau-JTB, yang ditempatkan di restoran, hotel, agar wisatawan asing dapat mengakses tempat-tempat wisata, cara membeli tiket dan berbagai informasi lain. Mudah-mudahan perangkat tersebut bisa segera tersebar luas. Sementara perangkat penerjemah model headset yang bisa digantungkan di leher juga sedang dikembangkan saat ini. (Jhon/asr)

Share

Video Popular