JAKARTA –Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) resmi mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama Djarot Syaiful Hidayat sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada pilkada DKI Jakarta 2017.

Pengumuman dukungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur dilaksanakan di Kantor PDI-P, Jakarta, Selasa (20/9/2016) malam. Pengumuman pencalonan Ahok bersamaan dengan pengumuman dafar pasangan calon  Pilkada 2017 yang akan di gelar di 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten seluruh Indonesia.

Sebelumnya pengumuman resmi sebagai bakal calon Gubernur, Ahok-djarot bertemu dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di rumahnya Jalan Teukur Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada pertemuan itu, Megawati berpesan kepada Ahok untuk memperjuangkan Pancasila yang merupakan sebagai ideologi perjuangan PDI-P. Megawati juga berpesan kepada Ahok untuk menghapus persoalan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di Jakarta dikarenakan tak sesuai dengan Pancasila.

Pada foto yang beredar, Megawati menggelar pertemuan dengan Ahok pada sebuah meja kayu panjang. Terihat hadir pada saat itu, disebelah kiri Megawati Sekjen PDI-P Hasto Kristyanto. Terlihat juga Bendahara Umum PDI-P Olly Dondokambey selanjutnya Ahok mengenakan baju batik dan Djarot mengenakan kostum merah berlambang PDI-P.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan keseluruhan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan memiliki komitmen kuat untuk menampilkan wajah kerakyatan partai yang dilaksanakan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian.

Menurut Hasto, sebagai rangkaian dilakukan partainya dalam mengusung kandidat yang akan diusung pada Pilkada serentak 2017. Sebelumnya PDI-P mengelar  uji kelayakan dan kepatutan, pemetaan politik, psikotes, pelatihan manager kampanye, pelatihan TOT Saksi, dan sekolah para calon kepala daerah.

Setelah PDI-P mengusung Ahok-Djarot, kini empat partai yakni PDI-P, Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura sebagai pendukung pada Pilkada 2017. Dengan demikian masih 6 partai politik yang masih belum mendeklarasikan kandidat yang akan diusung, hanya saja Gerindra mengumumkan Sandiago Uno sebagai bakal calon Gubernur. (asr)

Share

Video Popular