JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan berdasarkan kondisi atmosfer terkini masih terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi dalam periode tiga hari ke depan.

BMKG dalam siaran persnya, Kamis (22/9/2016) melaporkan wilayah yang berpotensi  antara lain Lampung, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

BMKG juga menyampaikan kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di sejumlah perairan.

Perairan yang diperingatkan BMKG adalah di Laut Andaman, Perairan utara dan barat Aceh, Perairan barat Kep. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu – Kep. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga NTB, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan NTB. (asr)

Share

Video Popular