Bagian tersulit dalam menurunkan berat badan adalah menjalani diet secara konsisten.
Setuju atau tidak setuju?

Awalnya latihan fisik terasa sulit untuk dijalani, tetapi setelah beberapa minggu tubuh Anda akan menyesuaikan diri dengan “nyeri” dan Anda mungkin mulai menyukai perasaan mendorong diri Anda untuk mencapai batas yang diinginkan.

Menjalani diet adalah hal yang berbeda.

Sulit untuk menghadapi godaan tiada hentinya untuk makan makanan yang tidak sehat dan ingin makan “enak”. Saya pun mengalaminya, tidak ada yang lebih menyenangkan selain makan di malam yang sunyi ditemani seloyang pizza yang besar dan segelas anggur.

Jangan terlalu berkecil hati. Anda dapat menggunakan strategis “cheat day” untuk memberi istirahat pada diri Anda yang pada akhirnya akan meningkatkan kebugaran Anda.

Hal ini adalah benar. Diet kalori terbatas yang sedang berlangsung dapat menguras energi tubuh. Melihat-lihat pilihan makanan yang Anda sukai dan terus-menerus mengingat mengurangi asupan kalori Anda benar-benar dapat mencegah metabolisme berjalan secara optimal dan memperlambat kemampuan tubuh untuk mengubah semua upaya yang Anda lakukan di pusat kebugaran.

Dengan melakukan cheat day dalam diet, Anda mengingatkan tubuh bahwa semuanya berlangsung dengan baik. Anda tidak mengalami kelaparan. Anda tidak perlu menyimpan lemak.

Tetapi, sebelum Anda memakan pizza dan es krim, adalah penting untuk menentukan apakah benar tubuh Anda meminta cheat day. Berikut adalah 5 tanda yang menunjukkan bahwa tubuh anda membutuhkan cheat day.

1. Diet Anda menyebabkan Anda stres

Banyak klien saya mengalami beban mental akibat menolak godaan terhadap makanan dan menghindari nafsu makan …

“Kue itu tampak sangat enak, tetapi saya tidak boleh memakannya.”

“Hanya sepotong cokelat? Tidak, saya tidak boleh memakannya.”

Obrolan mental semacam ini dapat menyebabkan banyak stres psikologis.

Jika saya sudah makan dengan sangat baik selama sekitar satu minggu, saya akan menghadiahi diri saya dengan cuti satu hari di mana saya tidak harus berpikir mengenai makanan yang terlarang untuk saya. Aku makan dengan santai dan menikmatinya. Hal ini memberikan sedikit dukungan psikologis untuk diri saya dan memungkinkan saya untuk tetap bersemangat menjalani diet ketat selama seminggu sampai tiba cheat day berikutnya.

Satu hal penting untuk diingat adalah jujur dengan diri sendiri. Satu hari cheat day setiap minggu memberi istirahat yang sehat untuk pikiran dan tubuh.

2. Anda sudah mencapai kurva puncak menurunkan berat badan

Sebuah kurva melengkung terjadi ketika tubuh telah menyesuaikan diri dengan perubahan yang sehat yang sudah Anda jalani. Tiba-tiba diet dan latihan rutin, yang pernah bekerja dengan sangat baik, tidak menghasilkan hasil apa pun.

Apa yang sedang terjadi?

Makan dengan diet yang ketat akan memperlambat metabolisme, sehingga tubuh membutuhkan lebih sedikit makanan (atau bahkan lebih banyak latihan fisik) untuk menjaga hasil yang sudah dicapai.

Tetapi jangan berhenti makan karena akan memperburuk masalah!

Sebaliknya, Anda dapat memperoleh kembali metabolisme yang normal dengan cara bersepeda.

Makan makanan yang mengandung kalori yang berlebihan pada cheat hari sekitar sekali seminggu, diikuti dengan satu atau dua hari pembatasan asupan kalori akan mencegah metabolisme mencapai kurva puncak. Asupan kalori yang “zig zag” tidak berarti Anda makan lebih sedikit kalori, hal ini hanya mendistribusikan kalori sepanjang minggu.

3. Anda menderita dengan hasil yang anda capai

Membatasi asupan kalori berarti membatasi sumber energi utama tubuh. Jika Anda tidak bersemangat saat latihan fisik karena Anda tidak termotivasi seperti dulu, berarti Anda kekurangan energi fisik atau Anda tidak dapat fokus selama latihan, maka berarti sudah saatnya Anda untuk menjalani cheat day.

Cheat day akan meningkatkan kadar glikogen (yaitu energi yang disimpan di dalam otot). Itulah alasannya mengapa itu Anda tidak terbiasa mengalami lonjakan tingkat energi dan kinerja latihan setelah cheat day — otot tampil lebih baik!

4. Tingkat energi Anda adalah rendah

Banyak orang yang berada dalam tahap awal perjalanan menurunkan berat badan akan disambut proses yang lambat selama satu atau dua minggu. Tubuh menyesuaikan diri dengan makanan baru dan persyaratan fisik baru dari latihan. Ini adalah normal.

Namun, jika Anda merasa energi terkuras selama beberapa minggu atau berbulan-bulan, maka saatnya untuk menelitinya.

Ingat, makanan adalah bahan bakar tubuh. Jika Anda membatasi makanan terlalu banyak dan terlalu lama, maka tubuh dan otak akan kekurangan bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi secara normal. Contohnyan mungkin Anda merasa sulit untuk bangun di pagi hari atau mulai mengandalkan kopi supaya Anda tetap beraktivitas sepanjang hari.

Cheat day yang teratur akan memberikan tambahan energi (yaitu kalori) kepada tubuh.

5. Merasa dingin sepanjang waktu

Jika Anda merasa dingin terus-menerus, dan Anda tahu bahwa itu bukan karena cuaca, maka itulah saatnya untuk cheat day.

Perasaan dingin secara terus-menerus disebabkan oleh metabolisme yang ditekan. Metabolisme adalah kecepatan di mana sel tubuh berfungsi. Jadi, metabolisme lebih lambat berarti aktivitas sel lebih lambat, sehingga kurang produksi panas.

Sebuah dorongan energi yang rutin memberi sinyal kepada tubuh bahwa makanan tidak mencukupi kebutuhan, sehingga metabolism diperlambat sebagai upaya untuk menghemat kalori secara efisien.

Makanan yang dimakan saat cheat day adalah cara yang sempurna untuk memberikan dukungan fisiologis dan psikologis bagi tubuh dan pikiran. Jadi, jika ada 5 tanda tersebut, maka tetap latihan fisik dan makan makanan yang sehat, tetapi pertimbangkan untuk memasukkan cheat day ke dalam hari-hari diet yang ketat.( Epcohtimes/Vivi/Dave Smith)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular