Oleh Li Tianyun

Hasil penelitian terhadap 45 negara yang dilakukan Bank HSBC menunjukkan, Ceko adalah tempat keempat yang paling dituju oleh para pencari kerja asing. Ceko hanya sedikit berada di bawah Singapura, Selandia Baru dan Kanada. Ceko yang tahun lalu berada di urutan ke 18 mengenai negara yang disukai oleh para pencari kerja asing, tampaknya tahun ini mengalami kenaikan urutan.

Tahun ini, HSBC melakukan penilaian yang menyangkut 3 unsur yaitu ekonomi, pengalaman hidup dan keluarga terhadap para pekerja asing, hasilnya menunjukkan bahwa Ceko memiliki ketiga unsur di atas lebih baik daripada beberapa negara Eropa lainnya seperti Norwegia, Swiss, Austria dan Jerman, sehingga patut berada pada urutan keempat.

Beberapa responden kewarganegaaraan asing yang tinggal di Ceko mengaku bahwa mereka sangat optimis dengan situasi ekonomi di Ceko. Dalam pandangan mereka ekonomi Ceko (berada di urutan 12) lebih baik daripada Inggris (berada di urutan 16) dan Irlandia (berada di urutan 31).

Dalam pengalaman hidup, Ceko berada pada urutan ke 8, karena sikap toleransi masyarakat Ceko terhadap multikultural warga asing memperoleh penilaian lebih tinggi daripada beberapa negara Eropa terkenal.

Penilaian terhadap keluarga menjadi keuntungan terbesar dari Republik Ceko (berada di urutan kedua). Ceko sangat menonjol di bidang hubungan interpersonal, kehidupan sosial, pendidikan dan perawatan anak. Ada 64 % warga asing yang tinggal di Ceko percaya bahwa kualitas pendidikan di Ceko lebih baik daripada di negaranya sendiri. Dan 59 % responden mengakui bahwa biaya pelatihan di Ceko lebih rendah daripada di negaranya.

Selain itu, Pendidikan  dan perawatan kesehatan bagi anak-anak di Ceko merupakan yang terbaik di antara 45 negara yang diikutsertakan dalam penelitian.

Penanggung jawab dari Cabang HSBC, Michael Hordley mengatakan, “Hidup di sini (Ceko) nyaman dan tidak tegang. Saya pernah bekerja di berbagai negara selama 13 tahun, dan dapat merasakan bahwa kehidup di Ceko inilah yang paling santai.”

Michael yang asal Inggris pernah bekerja dan hidup di Tiongkok dan Amerika sebelum pindah ke kota Praha.

“(Ceko) alamnya yang indah dengan iklimnya yang bersahabat membuat kehidupan setelah bekerja makin nikmat. Ini semua menciptakan lingkungan yang menarik untuk kehidupan keluarga termasuk menjadi daya tarik bagi warga asing yang mencari pekerjaan,” katanya.

Hasil ‘Expat Explorer Survey 2016’ menunjukkan bahwa urutan dan negara yang dinilai menarik buat kehidupan  dan bekerja selain yang sudah disebutkan di atas adalah sebagai berikut :

Urutan ke 5 : Swiss. Urutan ke 6 : Norwegia. Urutan ke 7 : Austria. Urutan ke 8 : Swedia. Urutan ke 9 : Bahrain dan urutan ke 10 : Jerman. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular