Di konstelasi Canes Venatici yang berjarak 25 juta tahun cahaya terdapat sebuah galaksi “Ikan Paus”. Warna warninya yang cemerlang tampak menakjubkan kaki langit yang gelap. Oleh peneliti di NASA, galaksi unik ini diberi nama NGC4631, namun, ilmuwan lain menyebutnya “cosmic herring” atau “galaksi ikan paus.”

Dalam gambar yang indah ini tampak terlihat dengan jelas inti galaksi yang berwarna kekuningan, awan debu gelap, gugus bintang biru terang dan daerah pembentukan bintang merah yang mudah terlihat. Galaksi paus ini juga dikenal memiliki semburan halo gas panas yang bersinar di x-ray.

Galaksi spiral besar yang indah ini terletak di arah konstelasi Canes Venatici. Adapun ukurannya setara dengan galaksi Bima Sakti. Gugus bintang yang terang dan bentuknya yang sedikit terdistorsi dalam bentuk irisan memungkinkan kita dengan mudah menemukannya.

Sebuah galaksi pendamping di pinggir bawah Galaksi Ikan Paus. (Sumber: NASA)
Sebuah galaksi pendamping di pinggir bawah Galaksi Ikan Paus. (Sumber: NASA)

Dengan bantuan teleskop yang canggih, para astronom juga dapat melihat sebuah galaksi pendamping berbentuk elips di pinggir bawahnya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Itu adalah sebuah galaksi terdirtorsi yang berbentuk tongkat hoki dengan nama ilmiah NGC4656.

Dilihat dari efek terdistorsi dan percampuran jalur gas dan debu yang terdeteksi pada panjang gelombang lain menunjukkan bahwa ketiga galaksi tersebut pernah berkontak dekat satu sama lain di masa lalu. (secretchina/Ye Yu Huan/joni/rmat)

Share

Video Popular