Tahukah Anda Berapa Biaya Pembuatan Satu Unit iPhone7 ?

564
Jumat, 16 September lalu, iPhone 7 besutan Apple secara resmi mulai dijual di Amerika Serikat. Di Union Square, San Francisco, ada penggemar iPhone yang sudah antri sepanjang malam untuk lebih dulu merasakan sensasi iPhone 7 seri terbaru. (Lin Xiao Ran / The Epoch Times)

Seperti sebelumnya, perusahaan riset dan analisa IHS Markit kembali membedah smartphone terbaru Apple untuk menaksir harga komponen perangkat tersebut. Kali ini, giliran iPhone 7 yang dirilis September ini yang dibedah. Dan hasilnya, IHS Markit memperkirakan biaya produksi iPhone 7 adalah sekitar 224,80 dollar AS atau sekitar Rp 2.9 juta, biaya komponen termahal dari 3 urutan teratas masing-masing adalah logicboard, layar dan Chip A10. Bagian lain mencakup semua sensor kecil, baseband dan sebagainya.

Melansir laman CNA, perusahaan riset pasar IHS Markit membeberkan laporan pembedahan terbarunya, memperkirakan ongkos produksi (Bill of Materials) iPhone 7 versi 32GB termasuk biaya manufaktur adalah sekitar USD 224,80 atau di kisaran Rp 2,9 juta. Di Amerika Serikat, harga iPhone 7 versi 32 GB adalah USD 649 atau di kisaran Rp 8,5 juta.

Ditaksir dari biaya komponen, laporan analisis IHS Markit menyebutkan, salah satu komponen termahal untuk biaya produksi iPhone 7 versi 32 GB adalah layar yang diperkirakan sekitar 43 dolar AS. iPhone7 ditanami dengan prosesor A10 Fusion, IHS memperkirakan biaya untuk prosesor A10 sekitar 26 dollar AS, sementara unit baterai 1.960 mAh hanya 2,5 dollar AS atau kurang dari Rp 50.000.

Dari penelitian tersebut, terungkap juga beberapa suplier komponen iPhone 7, termasuk Samsung, yang memasok komponen RAM 2 GB di iPhone 7 dan flash memory 32GBNAND dari SK Hynix dengan harga sekitar 16.4 dolar AS.

Melihat data di atas, memang terlihat selisih sangat besar antara harga jual dengan biaya produksi. Namun, perlu ditambahkan bahwa perkiraan di atas belum termasuk komponen biaya lain seperti riset dan pengembangan, pemasaran, distribusi, dan pajak. (Ling Cong Wen/jhon/asr)