- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Pertumbuhan Ekonomi Ceko Lebih Cepat daripada Negara Uni Eropa Lainnya

Oleh Li Tianyun

Ekonomi Republik Ceko dalam semester pertama tahun ini tumbuh cukup meyakinkan. PDB tahun ini naik 2.8 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Bila dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa secara keseluruhan, maka Ceko menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat.

PDB Ceko kuartal kedua tahun ini naik 2.6 % dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Juru bicara Biro Statistik Ceko mengatakan bahwa naiknya tingkat pertumbuhan itu berkat perkembangan yang sangat bagus dari perdagangan luar negeri dan konsumsi rumah tangga.

Media ‘Novinky.cz’ pada 23 September melaporkan, Biro Statistik Ceko (CSU) pada hari yang sama mengumumkan bahwa PDB Ceko naik 2.8 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ceko menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dibandingkan dengan negara Uni Eropa lainnya.

Diirektur CSU Iva Ritschelova mengatakan, “Tumbuhnya ekonomi (Ceko) berkat perkembangan yang sangat bagus dari perdagangan luar negeri dan konsumsi rumah tangga. Hal yang membedakan adalah bahwa, pertumbuhan tahun lalu itu terangsang oleh besarnya investasi”.

Naiknya tingkat konsumsi rumah tangga karena daya beli yang membaik akibat upah rata-rata yang terus dinaikkan. Bertambahnya kesempatan kerja sehingga angka pengangguran menurun dan daya beli semakin tinggi.

Analis CSU Jiri kamenicky menambahkan bahwa industri konstruksi pada kuartal kedua ini menurun sebesar 5.5 %. Tetapi sebaliknya, sektor manufaktur mampu mempertahankan kondisi yang baik. Total nilai tambah dari sektor layanan utama juga mengalami peningkatan”.

Perekonomian domestik Republik Ceko kuartal kedua lebih baik dari 28 negara anggota Uni Eropa. Pertumbuhan ekonomi Uni Eropa pada kuartal kedua hanya sebesar 1.8 %. Direktur statistik ekonomi makro CSU, Jaroslav Sixta menambahkan, “Akhirnya Ceko bisa termasuk salah satu dari negara Uni Eropa yang pertumbuhan ekonomi paling cepat. Negara yang PDB kuartal keduanya juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi adalah Rumania, Slovakia dan  Spanyol”.

Tingkat inflasi di Ceko sangat kecil, hanya sekitar 0.2 %. Meskipun harga perdagangan eksternal memberikan tekanan sehingga deflasi merambah ke perekonomian Ceko, namun dalam kondisi  bunga kredit perumahan rendah, momentum pertumbuhan menjadi lebih cepat.  (sinatra/rmat)