Pertunjukan perdana di Tokyo, Jepang, dari grup orkestra Shenyun asal Amerika resmi digelar pada 15 September pukul 2 sore hari waktu Tokyo. Di negeri sakura yang kental akan pengaruh budaya tradisional Tiongkok ini, untuk pertama kalinya grup orkestra Shenyun menggabungkan alat musik Timur dan Barat serta semangatnya dalam suatu ajang simfoni berskala besar untuk dipersembahkan pada para penonton Jepang.

Para penonton Jepang yang telah lama menanti akhirnya bisa menikmati penampilan klasik yang dibawakan oleh grup orkestra Shenyun dari AS di Gedung Konser Musik dan Opera City Tokyo. Di tengah decak kagum hati penonton penuh keharuan, memuji alunan musik yang begitu indah itu.

Pertunjukan ini merupakan pengalaman pertama kalinya bagi penonton Jepang menyaksikan perpaduan sempurna antara alat musik Timur dan Barat, yang menyatukan antara semangat dan pesona musik Tiongkok, dengan detil dan kekuatan orkestra Barat, dalam sejarah musik orkestra pertama kalinya menciptakan kombinasi menakjubkan dan legendaris.

Konsultan strategi bisnis bernama Makoto Watanabe mengatakan, “Musik Tiongkok dan Barat menyatu sempurna, terutama ketika alat musik Tiongkok dimainkan, sekujur tubuh saya ibarat dialiri gelombang listrik, rasanya sungguh membahagiakan. Energi dari alat musik Tiongkok meletup seketika, langsung diredam lagi begitu alat musik Barat dimainkan. Perbedaan yang begitu mencolok ini membuat hati saya sangat gembira.”

Komentar lain dari seorang guru musik bernama Takaziwa Katsuhiko, “Orkestra ini menyatukan alat musik Barat dengan alat musik gesek Tiongkok ‘er hu’ dengan sempurna, saya sungguh takjub.”

Alunan nada orkestra Shenyun memberikan audiansi yang sama sekali baru, yang menyisakan kesan kuat, bagi para pendengar di Jepang yang paling sempurna dalam hal mewarisi budaya Tiongkok kuno itu.

Pembawa acara stasiun radio bernama Takahashi berkata, “Orkestra hari ini selain terdapat karya seni musik yang pertama kali saya dengar, juga ada karya lain yang telah saya pahami. Saya sangat gembira. Alunan nada seluruh orkestra meresap ke sekujur tubuh saya mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Saya merasakan energi positif yang mendorong saya untuk semakin bersemangat.”

Grup orkestra Shenyun dari Amerika ini melangsungkan dua kali pertunjukan di Tokyo sebelum bergegas ke Taiwan untuk memulai pertunjukannya di Taiwan, yang dijadwalkan akan menapak hingga 12 kota. Sebanyak 16 kali pertunjukan seni di antaranya, akan mampu memberikan kejutan manis dan momen mengharukan bagi para penonton di Taiwan. (wid/rmat)

Share

Video Popular