Obat ADHD tidak mengatasi akar penyebab masalah, malahan beberapa obat ADHD menimbulkan risiko kesehatan yang serius. FDA pasti akan membantah pernyataan ini, tetapi inilah yang sesungguhnya, ADHD hanya memerlukan pengembangan keterampilan dan perubahan gaya hidup. Jika Anda mencari kesembuhan untuk penderita ADHD, tidur, pola makan, latihan fisik, dan terapi alternative mungkin semua itu yang dibutuhkan.

Latihan fisik

Semua anak membutuhkan latihan fisik setiap hari, terutama sangat penting untuk anak penderita ADHD. Aktivitas fisik membuat otak memompa keluar endorfin seperti dopamin, norepinefrin, dan serotonin. Zat kimia otak seperti ini sangat membantu suasana hati — selalu merupakan hal yang baik — namun zat kimia otak seperti dopamin menawarkan kewaspadaan yang stabil untuk penderita ADHD. Jadi, latihan fisik sebenarnya sama pentingnya seperti perilaku karena untuk menarik perhatian.

Bergerak kian kemari sangat menguntungkan untuk penderita ADHD, tetapi kegiatan yang memerlukan fokus (seperti seni bela diri, senam, yoga, dan tai chi) juga sangat membantu karena membangun keterampilan melalui perhatian. Latihan fisik secara berkelompok dan tim olahraga sangat bermanfaat karena membutuhkan kesadaran dan komunikasi, serta terasa lebih menyenangkan dan menarik karena adanya terjalin persahabatan.

Profesor psikologi Dr. Betsy Horza mengatakan latihan fisik sedang sampai berat selama tiga puluh menit menunjukkan dampak yang nyata pada fokus dan suasana hati.

Tidur

Sejumlah penelitian mengenai ADHD dan tidur menunjukkan bahwa kurang tidur dan tidur yang bermasalah memiliki hubungan yang kuat untuk anak penderita ADHD. Kurang tidur mungkin tidak begitu tampak dengan jelas pada penderita ADHD yang berenergi tinggi dan perilaku yang tidak terduga dan tidak menentu, tetapi jika Anda sudah memiliki balita maka Anda lebih mengerti. “Letupan energi” yang tiba-tiba terjadi pada waktu tidur siang dan tidur malam tampak aneh, namun orangtua tahu bahwa itu sesungguhnya adalah tanda bahwa sang anak penderita ADHD sudah lelap tidur. Jadi jika orang dewasa akan bergerak secara perlahan jika ia lelah, maka seorang anak yang kelelahan dapat bertindak sebaliknya.

Insomnia dan restless leg syndrome adalah gangguan yang sering dikaitkan dengan ADHD. Restless leg syndrome adalah gangguan pada saraf yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan tidak terkontrol untuk menggerakkan kakinya, biasanya karena rasa tidak nyaman pada kaki. Mengurangi makan gula dan kafein akan memberikan hasil baik yang cepat. Gizi sangat membantu dalam hal ini. Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam kesehatan, dan magnesium adalah salah satu contohnya. Kekurangan magnesium sering terjadi pada penderita restless leg syndrome, karena magnesium berperan dalam fungsi otot.

Menghindari cahaya dari alat elektronik dan cahaya buatan juga akan membantu. Rutinitas adalah keharusan karena tergantung seberapa baik tubuh seseorang meresponnya. Disertai relaksasi dengan cara mandi air hangat, minum teh sebelum tidur, peregangan otot, atau membaca dengan suara keras, maka pikiran dan tubuh dengan mudah menjadi tenang. Obat herbal seperti passionflower, valerian, dan bunga humulus lupulus yang diminum setiap malam akan meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi.

Tidur diiringi terapi musik yang menenangkan akan disukai anak-anak, bayi, dan orang dewasa. Batu permata seperti batu kecubung ungu (amethyst) untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Saya memberi batu kecubung ungu kepada putri saya untuk membantu masalah tidurnya, dan sejak itu setiap malam ia sudah tidak bangun tengah malam. Apakah itu dikarenakan khasiat dari batu kecubung ungu atau efek plasebo, yang pasti sudah bermanfaat untuk putri saya.

Diet

Di zaman modern seperti sekarang ini masih populer pepatah kuno, “Biarkan makananmu menjadi obatmu”, namun banyak dari kita mengacuhkan nasihat bijaksana Hippocrates. Hal ini menyebabkan masalah besar, karena pola makan yang buruk menciptakan siklus masalah kesehatan yang harus diakhiri dengan mengubah pola makan itu sendiri. Daripada makan yang kita sukai, kita perlu dengan sengaja makan makanan yang memberi kita energi dan gizi untuk kesehatan tubuh yang kita dambakan.

Anak harus makan secara teratur untuk menjaga kadar gula darah (dan energi dan fokus) supaya stabil. Protein dan karbohidrat harus ada dalam setiap kali makan untuk menjaga kestabilan energi tanpa lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Sama seperti makanan untuk semua orang untuk semua kebutuhan dan usia, makanan tidak boleh mengandung zat yang memicu reaksi alergi, pewarna makanan buatan, pengawet, dan gula supaya tubuh tetap energik dan sehat.

Vitamin dan mineral seperti L-karnitin, seng, magnesium dan vitamin B-6 dapat mengurangi gejala ADHD. Anak penderita ADHD sering mengalami kekurangan zat besi, magnesium, dan seng, di mana ketiga mineral ini sangat penting. Asam lemak omega juga harus terkandung di dalam makanan setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak penderita ADHD memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang tidak menderita ADHD. Anda dapat mulai mengikuti saran Dr. John Ratey dengan makan 2,5 gram omega-3 setiap hari (tiga kali lebih banyak mengandung asam eikosapentaenoat (EPA) daripada asam dokosahexaenoat (DHA)).

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat di atas adalah melalui makanan karena mengandung zat gizi alami di dalamnya dan melakukan kebiasaan makan makanan yang sehat.

Terapi alternatif

Zaman modern telah menawarkan banyak terapi yang tidak menggunakan obat-obatan atau sesi konseling yang tidak menyenangkan. Terapi musik adalah menyenangkan dan menguntungkan. Komponen sosial musik mendorong anak untuk hadir dan mendengar; sehingga mengembangkan fokus dan kesadaran, dan mempromosikan struktur. Tetapi jika Anda tidak menginginkan terapi musik, maka Anda dapat memutar musik di rumah. Irama sebuah lagu memiliki dampak yang kuat terhadap irama fisik dan mental. Irama sebuah lagu juga meningkatkan produksi dopamin; suatu neurotransmitter yang berhubungan dengan perhatian, memori, dan motivasi.

Terapi binatang adalah terapi alternatif supaya anak dapat menyalurkan cintanya. Berkuda dapat mengembangkan keterampilan fisik, mental, dan emosional. Kuda memiliki cara komunikasi yang halus, sehingga anak perlu belajar bagaimana untuk mendengarkan dan hadir untuk kuda kesayangannya. Berkuda juga menempatkan anak bermain di lingkungan alam yang bebas dari tekanan dan frustrasi yang ia rasakan di sekolah atau di rumah.

Tetapi jika tidak ada kuda di lingkungan Anda, dapat diganti dengan binatang peliharaan keluarga untuk meringankan gejala ADHD. Seekor anjing menjadi sahabat yang luar biasa untuk anak pada saat bermain di luar ruangan, dan membuat anak melakukan kegiatan fisik serta sama seperti membangun persahabatan dengan teman baru. Melatih anjing juga menawarkan kesempatan besar bagi anak untuk mengembangkan kesabaran dan tanggung jawab, serta mengembangkan rasa keberhasilan. Membelai binatang apa pun dapat meningkatkan zat kimia otak yang memberi rasa bahagia dan ketenangan pikiran. Untuk seorang anak, binatang piaraan bagaikan seorang teman yang mendengarkan tanpa memberi penilaian apa pun, dan dapat membangun keyakinan dan suasana hati secara mengagumkan.

Pengelolaan perilaku adalah suatu keharusan untuk anak penderita ADHD, orang tua dapat melakukannya sendiri di rumah. Beberapa ide meliputi; menciptakan aturan yang jelas dengan konsekuensi yang jelas, mendorong anak untuk berpikir dahulu sebelum bertindak, menawarkan “waktu untuk menunggu” sehingga anak dapat berpikir sebelum berbicara, dan mengelola ledakan yang memerlukan waktu untuk mereda (anak laki-laki saya melepaskan suasana hatinya dengan cara berlari-lari , push-up dan melompat-lompat). Anak perlu belajar untuk mengelola perilakunya, orang dewasa juga harus melakukan hal yang sama. Kita harus sabar, memahami, dan mengendalikan ledakan dari dalam diri kita sendiri, karena anak akan meniru apa yang kita lakukan, bukan apa yang kita katakan.
Intisari

Latihan fisik: Upayakan anak melakukan latihan fisik sedang sampai berat paling sedikit selama 30 menit setiap hari. Cari kegiatan yang dinikmati anak untuk memperkuat keterampilan yang ia butuhkan untuk berkembang seperti fokus, perhatian, keterampilan motorik, atau sosialisasi.

Tidur: Kebutuhan waktu tidur sangat bervariasi, tetapi anak di usia sekolah harus tidur selama 7-12 jam. Supaya anak cepat terlelap tidur, lakukan rutinitas malam yang santai yang berakhir pada waktu yang sama setiap malam. Dapat juga minum minuman herbal, mendengar irama musik yang menenangkan, memakai/memegang batu permata sebelum tidur.

Makanan: Membuat makanan segar dan sehat setiap hari, dan makan setiap 3 jam sehingga kadar gula darah tetap stabil. Hindari makan gula dan bahan buatan (pewarna, pengawet, dan lain-lain), dan memberi dosis harian zat besi, magnesium, seng, vitamin B6, dan omega-3.

Terapi alternatif: Terapi musik bermanfaat untuk anak-anak. Pilih irama yang sesuai dengan suasana hati yang ingin Anda peroleh, dan mendengar musik yang dirancang untuk merangsang gelombang otak untuk tidur, fokus, atau relaksasi.

Terapi binatang juga dapat digunakan untuk membantu anak mengembangkan keterampilan mental, emosional, dan perilaku. Sebuah rumah binatang peliharaan yang sederhana juga bermanfaat untuk anak karena merasa memiliki pendamping yang menawarkan ikatan positif dan meningkatkan kadar endorfin.

Pengelolaan perilaku di rumah dengan membuat aturan yang jelas dan mengembangkan kesadaran diri dengan mendorong anak untuk menunggu sebelum ia berbicara, dan berpikir sebelum bertindak.(Epochtomes/ Ash Stevens/Vivi)

Share
Tag: Kategori: Headline KELUARGA

Video Popular