Gembala Argentina Temukan Tulang Raksasa

916
Seorang gembala menemukan tulang raksasa di Argentina Selatan. (Internet)

Seorang gembala Argentina tanpa sengaja menemukan seonggok tulang raksasa yang aneh ketika sedang  menggembala dombanya, ia pun segera melapor ke pemerintah daerah. Namun, laporannya ini tidak menarik perhatian pemerintah daerah.

Penggalian dan penelitian terhadap fosil itu baru dilakukan ketika ahli paleontologi di Museum of Paleontology Egidio Feruglio mendengar berita itu. Saat ini tim yang terdiri lebih dari 200 personel sedang melakukan penggalian fosil tersebut.

Semasa hidupnya, fosil dinosaurus tersebut diperkirakan memiliki panjang sekitar 40 meter, tinggi 20 meter, dan berat 77 ton. Namun, lebih menakjubkan lagi, analisis kerangka yang dilakukan para ahli menunjukkan dinosaurus itu masih dalam masa pertumbuhan menjelang ajalnya.

Dinosaurus terbaru yang ditemukan ini diyakini memiliki berat lebih dari 7 ton dibanding dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan sebelumnya, yakni “Argentinosaurus”, sehingga mengejutkan komunitas ilmiah.

Ditilik dari fosilnya, diperkirakan hewan ini merupakan dinosaurus terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Sementara dari batuan di sekitar fosil diperkirakan dinosaurus ini hidup di hutan di Patagonia sekitar 95 juta – 100 juta tahun silam.

Penggalian fosil dinosaurus yang ditemukan di Argentina selatan. (internet)
Penggalian fosil dinosaurus yang ditemukan di Argentina selatan. (internet)
Penggalian fosil dinosaurus yang ditemukan di Argentina selatan. (internet)
Penggalian fosil dinosaurus yang ditemukan di Argentina selatan. (internet)

Pemimpin penelitian, Kenneth Lacovara dari Drexel University -Philadelphia, Amerika Serikat- mengungkapkan kepada BBC, karena ukurannya yang luar biasa menakutkan, sehingga dinosaurus itu dinamakan Dreadnoughtus, yang diambil dari nama kapal perang raksasa tahun 1900-an.

“Dreadnoughtus memamg esktrim raksasa ukurannya, tak akan ada yang bisa memangsanya ; dan tahan terhadap serangan,” ujarnya.

Dreadnoughtus merupakan salah satu dari titanosaurus, yakni jenis dinosaurus berleher panjang pemakan tumbuhan, yang merupakan binatang paling raksasa yang pernah hidup di bumi.

Proses penggalian fosil dinosaurus terbesar di dunia ini telah didokumetasikan oleh BBC dalam bentuk film dokumenter. (Secretchina/Chen Gang/joni/rmat)