Beda dengan lilin elektronik yang mensimulasikan nyala api dengan lampu LED. LuDela, sebuah perusahaan di Amerika kini memperkenalkan sejenis lilin pintar pertama di dunia yang dapat memadamkan dan menyalakan api dari jarak jauh. Cahaya lilin pintar ini dapat memberikan perasaan hangat yang unik, dapat mengatasi ketidaknyaman penggunaan lilin tradisional dan bahaya kebakaran.

Lilin pintar dari LuDela menggunakan teknologi penciptanya yang disebut Wi-Fire. Anda dapat menyalakan atau memadamkannya melalui aplikasi smartphone. Meskipun luarnya menggunakan lilin tradisional, tapi tidak memiliki sumbu, sehingga lilin tidak akan meleleh dan menghasilkan lelehan minyak, jadi kebersihannya tetap terjaga, selain itu, pengguna juga dapat memilih aroma dan model sesuai kebutuhan

Dari sisi keamanan, LuDela Smart Candle tidak perlu dinyalakan dengan pemantik atau korek api, sejumlah sensor yang ditanamkan didalamnya akan memadamkan api secara otomatis jika tanpa sengaja terjatuh karena tesenggol, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengatur waktu penyalaan lilin, atau memeriksa sisa waktu pembakaran, lilin pintar ini juga memiliki fitur berupa alarm keamanan dan fungsi lainnya.

LuDela menggunakan baterai lithium yang dapat diisi ulang, sehingga tidak ada penggunaan kabel, dan karena listrik hanya digunakan sejenak untuk menyulut sumbu, sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama sebelum aplikasi memberitahu Anda lilin mana yang perlu diisi dayanya.

Dengan hanya sentuhan sederhana di dalam aplikasi gratis yang mendampingi lilin pintar ini, pengguna dapat mengaktifkan satu atau beberapa lilin LuDela di rumah tanpa harus bangkit dari sofa atau tempat tidur. Mungkin LuDela ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang khawatir akan bahaya kebakaran saat menyalakan lilin tradisional di rumah Anda.

LuDela Smart Candle tersedia untuk pre-order dengan banderol US$ 99 atau setara Rp 1,3 juta, dan pengiriman barang dijadwalkan awal 2017 mendatang. (Mo Li/Jhon/asr)

Share

Video Popular