Selama berabad-abad, bunga hop telah menjadi ramuan utama dalam pembuatan bir, karena sejak tahun 1516 Jerman mengeluarkan peraturan pembuatan bir di mana hanya menggunakan bahan resmi yaitu bunga hop, barley, dan air. Tetapi di Abad Pertengahan, bir tampaknya dibuat dari banyak herbal yang berbeda untuk citarasa bir: daun seribu (yarrow), elder flower, comfrey, dan lain-lain. Salah satu minuman bir yang sangat populer adalah bir clary sage.

Bunga hop menghasilkan bir yang jernih dan terasa pahit, tetapi berkhasiat menenangkan yang membuat peminumnya merasa bahagia dan mengantuk. Clary sage menimbulkan efek sedasi (menenangkan) yang lebih kuat. Sama seperti teh, clary sage adalah herbal yang berkhasiat untuk menenangkan dan memicu rasa bahagia, tetapi efek ini jauh meningkat jika berada di dalam bir.

Pada abad ketujuh belas, ahli botani suku Flandria (kelompok etnis berbahasa Belanda yang tinggal di Belgia) bernama Matthias de Lobel menyebut clary sage sebagai minum yang “cocok untuk menyenangkan si pemabuk” karena efek menenangkan yang sangat kuat.

Clary sage adalah ramuan yang disukai bangsa Eropa, untuk citarasa bir maupun untuk makanan dan obat-obatan. Namun di zaman Renaissance, clary sage tidak popular. Menurut penulis herbal awal abad ke-20 bernama Maude Grieve, clary sage seakan terlupakan sampai akhir abad ke-19 digunakan kembali oleh pembuat parfum di Perancis supaya aroma parfum tahan lama dan kuat. Mungkin inilah yang menyebabkan clary sage menjadi minyak atsiri yang paling sering ditemukan sekarang ini.

Clary sage (Salvia sclarea) tidak sama dengan spesier dekatnya Salvia officinalis yang digunakan untuk makanan. Tanaman clary sage memiliki daun berbentuk hati yang besar dan tangkai bunga yang subur yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1,52 meter.

Beberapa manfaat:

Menjernihkan

Nama “clary” berarti “mata yang jelas. Dalam pengobatan tradisional Eropa, digunakan untuk menghilangkan debu dan kotoran dari mata dan menjernihkan pikiran. Daunnya yang digunakan sebagai dupa untuk menjernihkan pikiran, membuat mimpi lebih jelas, dan bahkan melihat masa depan.

Relaksasi

Berkhasiat untuk relaksasi. Hal ini digunakan untuk meringankan insomnia, kecemasan, dan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa dengan hanya mencium aroma minyak esensial clary sage secara nyata mengurangi kadar kortisol, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menyeimbangkan hormon tiroid. Menurunkan tekanan darah dengan cara merelaksasi pembuluh darah.

Herbal wanita

Saat ini, clary sage adalah minyak atsiri nomor satu yang digunakan untuk mengobati masalah hormonal wanita. Mengandung senyawa mirip estrogen yang disebut sclareol yang berkhasiat untuk mengobati ketidakseimbangan hormon akibat kekurangan estrogen seperti menopause, hot flashes (sensasi panas yang berawal di dada, wajah dan leher, kemudian menjalar ke seluruh tubuh saat menjelang menopause), dan menstruasi yang tertunda atau menstruasi dengan perdarahan yang banyak.

Bersifat menenangkan, membantu meringankan kram menstruasi.

Bijinya kaya akan omega-3

Bagian tanaman yang digunakan selama berabad-abad untuk membersihkan kotoran mata adalah bijinya. Ketika bijinya direndam, maka akan menghasilkan adonan yang lengket untuk dioleskan pada mata dan kotoran ditarik keluar. Hal itu juga dapat dioleskan pada bagian lain dari tubuh untuk mengeluarkan duri dan serpihan, dan untuk menenangkan peradangan setempat seperti sariawan, bisul, dan luka.

Peneliti di Israel baru-baru ini menemukan bahwa biji clary sage mengandung kadar asam lemak Omega 3 yang tinggi. Biji dingin yang ditekan akan menghasilkan minyak (lemak, tetapi bukan minyak atsiri) yang jauh lebih tahan terhadap ketengikan daripada asam lemak Omega 3 lainnya seperti rami atau chia, yang mengalami oksidasi dengan cepat.

Cara penggunaan

Sebagian besar clary sage hampir ditemukan dalam bentuk minyak atsiri, kecuali jika Anda menanamnya sendiri. Dengan hanya mencium aroma pahit minyak atsiri clary sage akan mengurangi keluhan pramenstruasi dan menenangkan pikiran yang penuh kekhawatiran. Campuran dengan minyak zaitun, almond, atau kelapa dioleskan pada bagian tubuh yang nyeri dan mengalami peradangan.

Jika Anda dapat memperoleh beberapa daun clary sage, maka teh clary sage untuk mengobati masalah pencernaan, kram, nyeri kepala, atau menenangkan pikiran dengan santai merenungkan masa depan. Ini adalah ramuan yang sangat aman, tetapi tidak boleh diminum oleh penderita kanker yang disebabkan oleh hormon estrogen. (Epoch Times/Conan Milner/Vivi)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular