Maknanya telah hilang dalam sejarah kuno tetapi tanda khas pada batu oleh ribuan nenek moyang dari tahun lalu memberikan kaitan unik untuk masa prasejarah manusia.

Sekarang sebuah proyek baru telah diluncurkan dalam upaya untuk mengungkap beberapa misteri dari seni batu prasejarah yang diukir pada batu di Skotlandia. Para ahli untuk membuat database digital baru menggunakan scanning 3D untuk merekam dan mempelajari lebih dari 2.000 ukiran di seluruh negeri tersebut.

George Currie, 66 tahun, beserta timnya, telah melacak 670 contoh luar biasa ukiran kuno pada batu, yang bisa bertahan hingga 5.000 tahun. Selama 13 tahun terakhir dia telah susah payah mencari, memfoto dan masuk lokasi menggunakan GPS pada sekumpulan luas potongan-potongan yang berbeda dari seni batu tersebut.

Kebanyakan ukiran cawan dan cincin, lekukan yang dalam dikelilingi oleh cincin melingkar, dan bentuk tapal kuda. Namun karya-karya seni kuno tersebut juga mencakup bentuk yang menyerupai jejak kaki manusia terukir pada batuan keras.

Berbicara kepada MailOnline, Currie, seorang musisi dari Dundee, mengatakan, “Idenya adalah untuk mencakup seluruh Skotlandia untuk merekam semua seni batu ke dalam 3D di manapun berada. Hal ini akan menjadi tantangan untuk membawa peralatan masuk ke beberapa tempat yang cukup canggung, tapi setelah kami melakukannya tahap berikutnya akan menganalisanya.

Mereka berusaha menemukan motif dalam lanskap dan membandingkan bagaimana mereka bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu untuk melihat bagaimana motif yang digunakan sepanjang waktu, yang banyak memiliki simbolisme yang berawal ribuan tahun lalu itu dan mengetahui mengapa ukiran tersebut diciptakan.

Di beberapa tempat ukiran batu itu telah digunakan kembali ribuan tahun kemudian di dalam ukiran Pictish atau dimasukkan ke dalam bukit-bukit pertahanan (persembunyian).

Ada sekitar 6.000 ukiran cawan (lekukan) dan cincin dikenal di seluruh Inggris dengan setidaknya sepertiga dari ini terletak di Skotlandia. Bentuk khas, bagaimanapun, ditemukan di seluruh Eropa, tetapi signifikasinya masih kurang dipahami.

ukiran batu aneh tersebar di seluruh negeri
Arkeolog sekarang berharap dapat mengungkap beberapa rahasia ukiran batu tersebut dalam sebuah proyek baru yang akan menggunakan scanner 3D untuk merekam ukiran-ukiran itu. Ukiran cawan dan cincin di Achnabreck, Kilmartin Glen (foto atas kiri). Ada lebih dari 2.000 karya seni batu yang diukir pada batu di Skotlandia (ukiran cawan dan cincin di Gallow Hill, dekat Dundee (foto atas kanan). Ukiran cawan dan cincin di Beinn Ghlas, Kinlochleven (foto bawah kanan).

Historic Environment Scotland kini telah diberikan £ 807,000 oleh Arts and Humanities Research Council untuk menjalankan proyek tersebut, yang disebut ‘Seni Batu Skotlandia dalam konteks’, dimana proyek lima tahun ini dijadwalkan akan diluncurkan pada Januari 2017.

Currie mengatakan sementara ini beberapa ukiran tersebut dapat ditemukan di batu-batu yang tertanam di dalam tanah, dan yang lain dikubur dalam liang bersama kuburan kuno.

“Salah satu batu ukiran tertua dapat ditemukan dalam hubungannya dengan sebuah pemakaman di abad 3,400 SM yang telah usang. Ini menunjukkan ukiran itu sudah jauh lebih tua dari pemakaman itu,” katanya.

“Ini kemungkinan bahwa ukiran tersebut memiliki beberapa makna lama kemudian setelah mereka diciptakan dalam banyak cara yang sama dimana kita menghargai benda-benda tua dan bersejarah hari ini.”

Dr Tertia Barnett, seorang peneliti di University of Edinburgh yang akan memimpin proyek itu, mengatakan hal itu bisa membantu untuk mengungkap beberapa misteri dari simbol cawan dan cincin itu. Disamping itu bisa membantu menjelaskan beberapa koneksi antara masyarakat prasejarah di seluruh Eropa.

Rebecca Bailey, dari Historic Environment Scotland, mengatakan, “Kami berharap pada tim yang keluar ke lapangan, membuat penemuan-penemuan baru, menghasilkan pengetahuan baru, dan berbagi di panggung internasional.”

Apa Makna Cawan dan Cincin ?

Tanda-tanda cawan dan cincin adalah bentuk seni prasejarah yang ditemukan secara luas di seluruh dunia.

Mereka terdiri dari lekukan bulat, seperti cawan, dikelilingi oleh serangkaian lingkaran konsentris yang terlihat seperti riak di atas air.

Simbol-simbol ini ada zaman Neolitik dan awal Zaman Perunggu tetapi beberapa contoh telah ditemukan sampai saat ini di Zaman Besi.

Beberapa ukiran telah ditemukan pada batu-batuan besar dan singkapan batu yang muncul ke permukaan menghadap rute utama, area perburuan atau lubang air, yang telah menyebabkan pemikiran kemungkinan ukiran tersebut digunakan untuk menandai tempat-tempat tersebut. Sedang yang lain berpendapat bahwa itu semua menjadi tanda kepemilikan teritorial.

Contoh-contoh berikutnya telah ditemukan dalam kaitannya dengan situs-situs pemakaman atau seremonial, menunjukkan ukiran-ukiran tersebut kemungkinan memiliki kepentingan sakral. (ran)

Share

Video Popular