Oleh: Mu Rongjun

Pembasmian korupsi di Tiongkok saat ini sudah memasuki masa puncak dengan menyeret para terdakwa untuk menghadap meja hijau. Pihak berwenang Beijing pada 25 September mengeluarkan sebuah pengumuman yang berisi pengajuan tuntutan kepada kelima orang terdakwa kelas ‘harimau’ yang 2 di antaranya memiliki kaitan dengan kasus korupsi mantan Wakil Ketua Partai Komunis Tiongkok/PKT,  Zeng Qinghong.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Kejaksaan Tinggi Tiongkok bahwa, keempat orang terdakwa yang kasusnya sedang disidangkan di pengadilan yang berbeda pada hari yang sama itu adalah, mantan Wakil Kongres Rakyat Daerah Otonomi Tibet, Yue Dage diduga menerima suap (di Zhengzhou, Henan), Mantan General Manajer Sinopec Group, Huang Tianpu diduga menerima suap dan korupsi (di Nanchang, Jiangxi). Mantan Genaral Manajer China Southern Airlines Xi Xianmin diduga menerima suap (di Shenzhen, Guangdong). Dan General Manajer China Travel Service (Holding) Hongkong Ltd Wang Shuaiting diduga menerima suap dan korupsi (di Shenzhen, Guangdong).

Selain Yue Dage yang memiliki latar belakang selama 18 tahun berkecimpung di urusan keamanan nasional dan diyakini sebagai mata-mata bagi Zeng Qinghong yang kemudian menjadi orang kepercayaannya, Wang Shuaiting yang terlibat kasus Song Lin (China Resources), juga memiliki hubungan dengan kelompok Zeng Qinghong.

Yang perlu dicatat adalah, Wang Shuaiting yang dakwaannya sudah diajukan sejak 16 Mei 2014, kasusnya sampai sekarang (sudah 28 bulan) belum ada vonis keputusan hakim. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak hambatan berat yang menghadang rezim penguasa sehingga jalannya pembasmian kejahatan para pejabat PKT tidak semudah yang dibayangkan oleh orang awam. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular