Ada banyak iklan pasta gigi di pasar, ada yang khusus untuk memutihkan gigi, ada juga untuk anti-alergi dan lain sebagainya, survei menunjukkan bahwa 90% masyarakat memilih pasta gigi terutama berdasarkan iklan. Menurut ahlinya, ini adalah pandangan yang keliru. Secara medis, gigi yang berwarna kuning muda barulah gigi yang sehat, terlalu mengharapkan gigi putih itu adalah efek psikologis, yang sebaliknya justru dapat mengorbankan kesehatan gigi.

Terkait gigi ini, sebaiknya utamakan pada pencegahan penyakit periodontal. Sejumlah besar studi empiris telah mengonfirmasi bahwa periodontitis dapat memengaruhi fungsi organ jantung, paru-paru, ginjal dan fungsi organ vital lainnya. Bagi wanita hamil, penyakit periodontal tidak hanya membahayakan kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan ringan dan bahaya lainnya, dan probabilitas ini naik hampir 7 kali, dan dapat diistilahkan sebagai “pembunuh tak terklihat” untuk menggambarkan bahaya akan penyakit periodontal.

Menurut keterangan ahli, faktor utama yang menyebabkan penyakit periodontal adalah plak dan karang gig, jika hanya mengandalkan obat kumur dan menyikat gigi seadanya saja tidak bisa sepenuhnya memersihkan, harus dibersihkan secara scalling (proses pembersihan karang gigi). Untuk proses scalling ini biasanya satu sampai satu setengah tahun sekali ; Bagi mereka yang terbiasa menyikat gigi dengan cara yang keliru, dan mudah dihinggapi karang gigi sebaiknya lakukan scalling gigi setiap enam bulan.

Banyak dari kita gemar minum aneka jenis minuman, diantaranya minuman berkarbonasi atau softdrink yang sangat besar dampak buruknya pada gigi. Jika selalu minum minuman berkarbonasi secara berlebihan dapat menyebabkan erosi gigi, terutama anak-anak harus ekstra hati-hati. Kurangi atau hindari minuman berkarbonasi, atau segera kumur-kumur setelah minum softdrink adalah tindakan wajib untuk mencegah minuman berkarbonasi itu merusak gigi. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular