Oleh: Sun Yun

Selasa, 27 September lalu, otoritas Xi Jinping telah mengumumkan waktu yang pasti digelarnya kongres keenam Partai Komunis Tiongkok/PKT, dan akan mempertimbangkan peraturan terhadap lapisan elite PKT.

Sehari sebelumnya, Kejaksaan Agung mengumumkan mengajukan penuntutan umum terhadap 4 pejabat elite yang dipecat, dan hingga awal September lalu, tercatat 10 pejabat yang dituntut, memecahkan rekor penuntutan atas lapian elite selama satu bulan ini.

Menurut penuturan analis, ini adalah atmosfer pemerintahan Xi Jinping yang “menyembelih ayam untuk menakuti kera” (menghukum seseorang untuk menakuti lainnya) menjelang kongres keenam.

26 September lalu, Kejaksaan Agung mengumumkan penuntutan umum kepada 4 pejabat elite yang dipecat. Ke empat pejabat itu adalah mantan wakil direktur komite tetap Kongres Rakyat Tibet Le Dake, mantan direktur Sinopec, general manager Wang Tianpu, mantan manajer umum China Southern Air Holding Company Si Xian-min, dan mantan wakil direktur, general manager China travel service hk ltd Wang Shuai-ting.

Menurut statistik media setempat, dari Januari sampai September 2016 sebanyak 33 pejabat telah dipecat dan dituntut. 21 diantaranya telah diadili di depan umum. Dilihat dari proses peradilan, waktu yang diperlukan relatif singkat.

Dari dakwaan hingga ke pengadilan, waktu yang dihabiskan hanya sekitar dua bulan untuk sebagian besar pejabat tingkat provinsi yang diadili. Sementara waktu yang dihabiskan untuk proses pengadilan terhadap mantan Wakil Gubernur Shanxi Du Shanxue, mantan Wakil Menteri Departemen Perlindungan Lingkungan Zhang Lijun, mantan ketua MPR Tiongkok Provinsi Guangdong Zhu Mingguo, dan mantan sekretaris Komite Sentral Politik dan Hukum PKT provinsi Liaoning, Wang Min jauh lebih singkat.

Hal yang paling menarik adalah mantan sekretaris Komite Sentral Politik dan Hukum PKT provinsi Lioaning yakni Wang Min, mantan sekretaris komite dari Tianjin Huang Xingguo, mantan wakil gubernur provinsi Jiangsu Li Yunfeng, pensiunan Laksamana Tian Xiusi, keempat orang ini adalah anggota Komite Sentral dan anggota komite politik alternatif yang merupaka pejabat dari faksi Jiang Zemin.

Menurut analis, pejabat yang dipercepat proses pengadilannya menjelang kongres ke-6 PKT ini merupakan atmosfer Xi Jinping dalam “menyembelih ayam untuk menakuti kera” dan memperingatkan lawan-lawan politiknya. Selain itu juga sebagai atmosfer Xi Jinping yang akan menggodok tentang Peraturan dan Tata Tertib Kehidupan Politik dalam Partai yang Berada di Bawah Situasi Baru dan Pengawasan Internal Partai di tubuh PKT.

Pada 27 September lalu, Xi Jinping mengadakan pertemuan Politbiro PKT, memastikan jadwal penyelenggaraan Kongres Keenam PKT akan berlangsung di Beijing pada 24 – 27 Oktober 2016. Agenda utamanya meliputi pembahasan isu “Pengetatan Disiplin Partai”, penggodokan  terhadap “Peraturan dan Tata Tertib Kehidupan Politik dalam Partai yang Berada di Bawah Situasi Baru” serta merevisi rancangan peraturan tentang “Internal Kontrol PKT” agar secepatnya dapat diterapkan. (Epochtimes/joni/rmat)

Share

Video Popular