Pepatah mengatakan “Makan satu apel sehari menjauhkan diri dari dokter”, pepatah ini terbukti secara ilmiah. Dalam kajigan terbaru, , bahwa bagi mereka yang setiap hari makan apel setidaknya satu buah  tidak mudah terserang kanker paru-paru, kanker usus, kanker mulut, kanker kerongkongan, atau kanker payudara , dibanding dengan orang-orang yang jarang atau tidak pernah makan apel.

Dari lebih 40 data penelitian yang disimpulkan oleh para ahli di University of Perugia, Italia, mereka menemukan tentang manfaat baik mengonsumsi apel untuk mencegah risiko kanker, terutama sangat berkhasiat terhadap kanker usus dan kerongkongan, dapat menekan hampir setengah risiko terserang tumor. Risiko tumor paru-paru bagi mereka yang suka makan apel berkurang 25%, diikuti kanker payudara yang berkurang sebesar 20%.

Meskipun sebagian besar masyarakat mengetahui memilih makanan yang sehat, dan sering mengonsumsi sayur mayur dan buah-buahan dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker, tetapi sedikit sekali ada bukti untuk membuktikan apa jenis sayur dan buah-buahan yang paling bermanfaat untuk kesehatan.

Sehubungan dengan itu, para peneliti mengadakan penelitian terhadap salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, Apel. Mereka mengumpulkan lebih dari 40 data penelitian yang berbeda terkait kanker dan makanan. Dan hasil penelitian terkait dipublikasikan dalam jurnal public health nutrition.

Data menunjukkan, bagi mereka yang lebih suka makan apel, probabilitas terserang kanker akan semakin rendah. Hal ini dikarenakan apel mengandung unsur kimia yang unik dan mekanisme molekuler yang potensial, sehingga lebih mampu menekan rasio terserang kanker daripada jenis buah atau sayuran lain. “ Kami tertarik dengan apel karena buah ini paling banyak dikonsumsi di negara-negara Eropa dan merupakan sumber fotokimia yang melimpah,” kata peneliti.

Zat dalam apel dianggap memiliki sifat anti kanker yang kuat. Selain itu, apel juga tinggi flavonoid, senyawa yang diduga mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Atas dasar inilah, para ilmuwan menyimpulkan bahwa apel adalah salah satu senjata yang paling ampuh melawan kanker. Dalam laporan terkait, mereka mengatakan : “Dukungan yang kuat atas hasil penelitian ini membuktikan bahwa apel memiliki kemampuan mencegah sekaligus melindungi organ paru-paru, usus, rongga mulut, kerongkongan dan kelenjar payudara. Namun, khasiatnya di bagian lain masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan.” (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular