- Erabaru - http://www.erabaru.net -

PKT Menghalangi Pejabat Kanada Masuk Tibet

Oleh: Li Yuan

Diplomat Kanada baru-baru ini, selama bertahun-tahun Partai Komunis Komunis/PKT selalu berusaha mencegah diplomat Kanada memasuki Tibet, termasuk kunjungan dalam program bantuan Kanada di Tibet.

Melansir laman Huffington Post, Rabu (5/10/2016), Menteri Luar Negeri Kanada Stephane Dion mengatakan, meskipun Beijing tidak pernah menolak permintaan diplomat Kanada mengunjungi Tibet, namun akan menghalangi dengan cara lain, misalnya menunda dan mempersulit izin perjalanan, serta memantau seluruh gerak gerik pejabat yang diizinkan ke Tibet.

Menteri Dion mengatakan, pada November 2010 – September 2015, diplomat Kanada 5 kali mengunjungi wilayah Tibet. Sementara pada Maret 2009 – November 2015, Perwakilan Kongres Rakyat Nasional PKT dari Tibet delapan kali mengunjungi Kanada. Meskipun “Tidak ada pembatasan apapun” dalam kunjungan ini, namun, sikap Beijing berubah ketika menyangkut wilayah otonomi Tibet dan daerah Tibet lainnya.

Menurut pernyataan Kementrian Urusan Global Kanada (Global Affairs Canada), bahwa Kanada tidak lagi melanjutkan program bantuan pembangunan internasional di Tiongkok. Di masa lalu, Lembaga Bantuan Kerjasama Internasional Kanada (The Canadian International Development Agency, CIDA) yang telah dibubarkan itu sangat aktif di Tiongkok.

Dion mengatakan, diplomat Kanada ingin mengetahui program bantuan yang telah selesai di Tiongkok, namun, tidak berhasil karena Beijing membatasi akses atau melarang ke daerah yang dikunjungi, sementara staf  kedutaan Kanada juga dilarang untuk berkunjung.

“Meskipun program bantuan telah selesai, namun staf Kedutaan Besar Kanada tetap ditolak berkunjung ke Tibet, karena pejabat Daerah Otonomi Tibet mengatakan bahwa program terkait bukan lagi milik Kanada,” katanya.

Dion menyimpulkan bahwa pejabat PKT setempat secara ketat mengontrol akses kunjungan, sementara pejabat dari kantor urusan daerah otonomi Tibet juga mengawasi secara ketat terhadap pejabat dan delegasi asing yang berkunjung ke daerah tersebut.

Menurut Komite Tibet Kanada (Canada Tibet Committee) yang berkantor pusat di Montreal, Kanada, bahwa tujuan PKT membatasi perjalanan adalah untuk menutupi serangkaian kejahatan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan mereka di Tibet sejak 1950, termasuk mengusir pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama.

Eksekutip direktur Komite Tibet Kanada Carole Samdup mempertanyakan, “Apa yang mau ditutupi PKT?”

Ia meminta pemerintah Kanada, melarang delegasi Beijing-Tibet mengunjungi Kanada sebelum kunjungan diplomat kedua belah pihak belum bisa sepenuhnya saling menguntungkan.  (Epochtimes/joni/rmat)