- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Lima Jenis Buah dan Sayuran yang Menyehatkan Mata

Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) percaya bahwa “kelelahan itu masuknya dari mata”.Mata adalah organ yang paling rentan terhadap invasi kelelahan, yang selanjutnya dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan seluruh tubuh. Orang di zaman sekarang lantaran terlalu bergantung pada produk 3C (Computer, Communication and Consumer Electronic) dan dalam waktu lama menatap layar komputer dan ponsel, secara jangka panjang hal itu dapat mengakibatkan lemahnya penglihatan, bahkan timbulnya katarak serta penyakit mata lainnya.

Manusia menerima 90% informasi yang berasal dari mata, oleh karena itu, mata sangat rentan terhadap kelelahan dan penuaan. Pada saat mata kelelahan akan menghasilkan toksin kelelahan, yang kemudian akan menginvasi tubuh, sehingga seluruh tubuh merasa lelah. Begitu muncul gejala sakit mata, mata bengkak, mata kering, penglihatan kabur dan lain-lain, maka sangat mudah menyebabkan serangkaian gejala kelelahan, seperti sakit kepala, sulit berkonsentrasi, mudah galau, tidak responsif, insomnia dan sebagainya. Supaya mata sehat, selain melakukan perubahan gaya hidup, perlu mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran yang relatif mudah didapat, juga memiliki efek perlindungan mata yang baik, terutama bagi orang yang sering menggunakan mata harus lebih banyak mengonsumsinya.

1. Wortel

Karoten β-, juga dikenal sebagai vitamin A, karoten β- setelah diserap di dalam usus halus akan diubah menjadi vitamin A. Karoten β-dari wortel adalah yang paling tinggi diantara sayuran berwarna hijau dan kuning, 50 gr wortel mengandung vitamin A, gizi yang harus diasup oleh orang dewasa dalam satu hari, adalah bahan pangan vitamin A yang paling aman dikonsumsi.

Vitamin A dapat melindungi selaput lendir mata, memiliki efek pencegahan terhadap gejala rabun senja dan mata kering atau perbaikan dari degenerasi makula dan penyakit mata lainnya.

2. Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C, untuk melindungi kesehatan kulit dan selaput lendir, efek antioksidannya sangat kuat, khususnya untuk membantu mencegah katarak dan presbyopia. Buah Kiwi juga kaya akan serat makanan, mengonsumsinya secara memadai akan membantu mencerahkan kulit, dan memperbaiki fungsi peristaltik gastrointestinal serta membantu pencernaan.

3. Alpukat

Alpukat oleh banyak ahli gizi telah diakui sebagai “makanan super”, disamping vitamin C, juga mengandung vitamin E dan lutein yang kuat antioksidannya. Selain itu vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kelelahan dan mata kering juga pencegahan efek presbiopia. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang dapat melindungi mata, pencegahan katarak dan degenerasi area makula.

4. Pocai

Pocai kaya akan kandungan lutein, ia adalah salah satu sumber terbaik dari lutein. Karena lutein sebagai anti-oksidan yang kuat, dapat mencegah degenerasi area makula dan katarak. Pocai juga mengandung vitamin B2 dan karoten β-, nutrisi bermanfaat bagi kesehatan mata, dapat mencegah sindrom mata kering. Unsur-unsur kalium, kalsium dan magnesium yang terkandung didalamnya dapat membantu meningkatkan kelenturan otot mata, sehingga tidak mudah menjadi miopia.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C dan lutein, vitamin C memiliki efek dekompresi, dapat mencegah stres yang menyebabkan mata kering. Unsur vitamin A-nya dapat mencegah rabun senja, melemahnya penglihatan dan perlindungan membran mukosa, memiliki efek perlindungan mata yang baik.

Lutein mudah meleleh dalam minyak dan lemak, dan tahan panas tinggi, ketika memasak dapat ditambahkan minyak zaitun, tingkat penyerapan lebih tinggi. (Eochtimes/Hui/Yant)