- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Penampakan Diduga Bigfoot, Terekam Kamera dari Atas Sarang Burung Elang

Oleh: Ye Ziwei

Video kamera pemantau burung elang di Michigan, Amerika Serikat, digegerkan dengan penampakan bayangan hitam yang aneh. Bayangan hitam itu diduga adalah Bigfoot dalam legenda, sehingga menarik perhatian publik.

Kerja sama dengan Carbon Media Group, ilmuwan dari Department of Natural Resources, Amerika Serikat, memasang kamera pada sarang burung elang di Platte River State Fish Hatchery, Beaulah 48 km sebelah barat Traverse, Michigan, namun, tak diduga justru menangkap penampakan misterius, kemudian di posting di YouTube, demikian dilansir dari laman “USA Today”.

Saat sedang merekam beberapa ekor anakan elang botak, tiba-tiba muncul sosok hitam besar di sudut kanan frame kamera ilmuwan itu. Tidak cuma besar, sosok misterius itu juga kelihatan berjalan dengan beberapa kaki dan mempunyai tangan panjang. Sosok raksasa ini cuma kelihatan berjalan-jalan sebentar sebelum hilang dari pantauan kamera.

Menurut laporan, bayangan hitam itu tidak mungkin beruang, tapi diyakini adalah sosok Bigfoot yang dilegendakan selama ini.

Jika bukan Bigfoot, mungkin seseorang yang sengaja berpenampilan seperti orang utan  atau karena jarak pemantauan kamera, sehingga menyebabkan kesan salah.

Jeff Meldrum, profesor di Idaho State University masih mempelajari video tersebut meskipun mengaku kesulitan akibat rendahnya resolusi. Akan tetapi, banyak netizen yg menonton video ini di YouTube yakin bila sosok hitam tinggi besar tersebut adalah Bigfoot.

Produser dan direktur pemasaran CarbonTV Daniel Seliger mengatakan, kamera video tersebut dipasang pada Mei lalu. Seseorang yang menyaksikan video ini melihat bayangan tersebut, lalu mengeditnya sebagian, kemudian dirilis di Explore Bigfoot Sightings and Evidence. Sementara pada awal September lalu, dimana setelah perusahaan terkait melihat seluruh video monitoring, kemudian dipublikasikan ke internet.

Penampakan gambar video tersebut sangat mirip dengan Bigfoot. Namun, karena fokus kamera, sehingga gambar itu tampak buram.

“Hal ini disebabkan fokus pada kamera pemantau itu ditujukan pada sarang burung, bukan permukaan tanah,” kata Ed Eisch, manajer produksi peternakan tersebut.

Siapapun bisa melihat dengan jelas bayangan hitam itu, tapi masih perlu diteliti lebih lanjut, dan belum bisa menarik kesimpulan. Eisch pribadi mengatakan tidak begitu percaya dengan keberadaan Bigfoot atau sejenisnya, pungkas manajer Eisch.

Bigfoot adalah mahkluk mitos menyerupai kera raksasa yg dipercaya tinggal di hutan Amerika. Meski tak sedikit netizen yg menyampaikan bila sosok itu cuma manusia yg menggunakan kostum, video penampakan ‘Bigfoot’ ini berhasil menjaring lebih dari 300 ribu penonton hanya dalam dua hari. (joni/rmat)