Seni diagnosis lidah pada Pengobatan Tradisional Tiongkok menjadi salah satu alat yang paling menarik dalam bidang yang saya tekuni. Walaupun seni diagnosis denyut nadi berusia lebih tua, seni diagnosis lidah lebih terkenal.

Seni diagnosis lidah mulai digunakan sekitar tahun 1350 dalam Pengobatan Trasional Tiongkok.

Saya menemukan seni diagnosis lidah memberi informasi penting; Saya belajar banyak tentang kesehatan pasien dengan memeriksa lidahnya. Tentu saja, saya sudah berpengalaman mendiagnosis lidah. Anda dapat belajar banyak mengenai seni diagnosis lidah berdasarkan informasi di dalam artikel ini!

Banyak perubahan kesehatan dan keseimbangan tubuh dapat dilihat di lidah. Sebagai contoh, julurkan lidah Anda, dan jika lidah tampak tebal, lapisan berminyak, Anda mungkin mengalami masalah pencernaan atau berada di ambang pengaruh hawa dingin yang buruk.

Pemeriksaan lidah terdiri dari mengamati warna, bentuk, ukuran, dan lapisan di permukaan lidah (coating). Secara umum, lidah yang sehat berwarna merah muda, tidak terlalu kering atau basah, tidak terlalu tipis atau bengkak, dan tanpa cetakan gigi di pinggir lidah atau perubahan warna, dan terdapat lapisan tipis, jelas atau sedikit putih.

Ide belajar mengenai bagian dalam tubuh dengan cara mengamati tanda di luar tubuh adalah tema umum dalam pengobatan Tiongkok yang masuk akal mengingat pengobatan kuno ini sudah mulai muncul ribuan tahun yang lalu; di mana tidak ada mesin X-ray dan MRI. Jadi, Pengobatan Tradisional Tiongkok mengembangkan banyak teknik untuk mempelajari bagian dalam tubuh dengan cara mengamati tanda di luar tubuh.

3 Pengamatan dasar lidah:

1. Warna lidah

Warna lidah bervariasi dari orang ke orang, tetapi memberikan gambaran yang baik mengenai kesehatan individu secara keseluruhan. Setiap kali lidah berubah warna dari merah muda yang sehat menjadi warna lain, hal ini menunjukkan adanya ketidakseimbangan di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa contoh umum.

* Lidah merah menunjukkan terlalu banyak hawa panas di dalam tubuh; semakin merah warna lidah, maka tubuh semakin panas dan semakin parah penyakit. Beberapa gejala umum untuk hawa panas yang berlebihan di dalam tubuh meliputi: peradangan, migrain, keringat malam, cenderung marah-marah atau mudah tersinggung, infeksi, mata merah atau ruam kulit.

* Lidah pucat menunjukkan kurangnya qi dan darah atau tubuh yang dingin; semakin pucat lidah, maka semakin dingin tubuh atau semakin kurangnya qi dan darah di dalam tubuh. Gejala umum yang terkait dengan lidah pucat adalah: kelemahan, anemia (terutama jika disertai dengan wajah dan bibir pucat), kelelahan, dan lemah.

* Lidah berwarna ungu menunjukkan adanya hambatan di suatu tempat atau mungkin lebih dari satu tempat di dalam tubuh. Hambatan ini dianggap sebagai penyumbatan di dalam tubuh. Misalnya, jika seseorang menderita nyeri lutut yang parah, berarti cairan, termasuk darah, tidak mengalir dengan baik ke daerah itu sehingga menyebabkan lutut menjadi nyeri dan meradang.

Hambatan tidak hanya akibat nyeri sendi. Hambatan dapat disebabkan oleh masalah peredaran darah, nyeri akibat emosi atau ketidaknyamanan fisik lainnya seperti nyeri dada atau nyeri sebelum menstruasi. Jika masalah terjadi di organ reproduksi, maka wanita tersebut akan sering mengalami darah menstruasi yang lebih gelap disertai dengan bekuan darah pada saat menstruasi.

2. Bentuk dan ukuran lidah

Lidah yang bengkak atau tipis, ada cetakan gigi pada lidah? Ini adalah tanda penting untuk diamati ketika memeriksa lidah. Bentuk dan ukuran lidah menunjukkan metabolisme cairan dalam tubuh.

* Lidah bengkak menunjukkan bahwa transportasi cairan tubuh tidak bergerak dengan lancar. Anda melihat hal ini pada orang dengan masalah pencernaan; jika lidah bengkak dan berwarna ungu, masalah lebih banyak berhubungan dengan sirkulasi darah.

Lidah bengkak sering disertai dengan cetakan gigi di pinggir lidah. Hal ini menunjukkan kecenderungan insomnia dan/atau gangguan aliran cairan tubuh.

* Lidah pendek dan sangat tipis dapat menunjukkan kekeringan atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Seringkali ketika seorang wanita mengalami menopause, lidahnya menjadi lebih kering serta berwarna lebih merah. Hal ini terjadi karena pada saat itu darah berhenti mengalir (darah adalah cairan), si wanita mengalami “pemanasan” dirasakan sebagai rasa terbakar di wajah.

3. Lapisan di permukaan (coating) lidah

Ketebalan lapisan dan warna lidah adalah penting untuk diperhatikan.

* Lapisan yang tebal pada permukaan lidah sering menunjukkan penyakit yang menyerang tubuh berasal dari lingkungan luar tubuh, seperti flu, virus atau hawa dingin. Jika lapisan ini semakin tebal ke arah belakang lidah, berarti penyakit akan berlangsung lama.

* Lapisan yang tipis pada permukaan lidah sering disebabkan oleh kekeringan. Wanita yang mengalami menopause dapat memiliki lapisan yang tipis pada permukaan lidah atau tanpa pelapis disertai lidah yang tipis dan berwarna merah karena perubahan hormon dan kekurangan cairan tubuh.

* Lapisan putih tebal pada permukaan lidah menunjukkan adanya penyakit karena hawa dingin. Contohnya: kelelahan, mencret, atau kembung, menggigil dan dahak yang jernih.

* Lapisan kuning pada permukaan lidah menunjukkan adanya hawa panas. Jadi jika seseorang menderita hawa dingin yang jahat disertai nyeri tenggorokan, berkeringat, dahak berwarna kuning dan demam, maka penyakitnya berhubungan dengan hawa panas.

* Lapisan abu-abu atau hitam yang langka pada permukaan lidah menunjukkan kondisi yang ekstrim; kunjungi dokter…

Lapisan di permukaan lidah jauh lebih cepat berubah daripada lidah itu sendiri. Perlu diingat juga bahwa makanan dan minuman akan memengaruhi warna lapisan lidah secara sesaat, dan perokok mudah terdeteksi karena adanya lapisan kuning yang kering pada permukaan lidahnya.

 Ilustrasi. (Antonio Guillem / Shutterstock; jens Almroth)

Ilustrasi. (Antonio Guillem / Shutterstock; jens Almroth)

Anda dapat merujuk ke diagram di atas untuk melihat daerah mana pada lidah yang berhubungan dengan organ dalam tubuh.

Jika ujung lidah berwarna sangat merah, itu adalah tanda gangguan emosi.

Dengan menghubungkan informasi ini untuk organ tubuh, kami mencatat bahwa semakin gelap warna merah di ujung lidah, maka semakin buruk pergolakan emosi yang terjadi. Hal ini karena ujung lidah berhubungan dengan jantung dan menurut pengobatan Tiongkok, jantung merupakan perwakilan dari kesejahteraan emosi.

Contoh lain: lidah berwarna pucat dengan celah di tengah. Karena pertengahan lidah berhubungan dengan lambung, maka hal ini menunjukkan adanya gangguan pada sistem pencernaan. Semakin dalam dan semakin parah celah yang terjadi, maka semakin buruk dan/atau semakin lama gangguan terjadi.( Epochtimes/Jennifer Dubowsky/Vivi)

Jennifer Dubowsky, LAc, adalah seorang ahli akupunktur berlisensi, praktek di pusat Kota Chicago, Illinois, AS, sejak tahun 2002.

Share

Video Popular