Oleh: Chen Cunjun

Calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump yang memiliki bentuk rambut yang khusus, telah menjadi salah satu topik pembicaraan masyarakat dunia. Walaupun ia mengklaim bahwa itu adalah benar-benar rambut asli, tapi orang-orang masih menyangsikan apakah ia memakai wig?

Hal yang menarik adalah, di lembah sungai Amazon ada sejenis ulat yang tampaknya persis seperti rambutnya Trump, tidak hanya bentuk dan warna, bahkan gayanya juga mirip.

Ulat yang memiliki bulu kuning lembut beludru larva ngengat (flannel moth) ini tumbuh di Peru di lembah Sungai Amazon. Meskipun bentuknya terlihat lucu, dan sangat mirip dengan rambut Trump, tetapi jangan pernah menyentuhnya, karena ia adalah makhluk beracun.

Ulat bulu amazone. (internet)
Ulat bulu amazone. (internet)

Jeff Cremer fotografer hutan Amazon menyatakan bahwa ulat bulu seperti ini yang berbulu kuning memiliki duri beracun, jika bersinggungan dengannya akan menyebabkan iritasi atau lecet, kulit akan mengelupas atau bahkan akan menyebabkan nekrosis kulit, dalam beberapa kasus dapat berbahaya bagi mata dan pernafasan.

Gambar setelah diperbesar oleh Cremer dapat terlihat, bulu kuning ini duri-durinya bergerigi seperti bulu jelatang. Terkena duri ini akan menghasilkan sel beracun, begitu kulit manusia menyentuhnya, itu akan menjadi seperti jarum racun yang disuntikkan ke dalam kulit. Toksisitasnya dapat berkelanjutan hingga 12 jam.

Cremer mengatakan bahwa bulu dari jensi ulat ini adalah untuk melindunginya dari serangan predator, selain berwarna kuning, ia ada juga yang berwarna putih, pink dan warna lainnya. Cremer bergurau mengingatkan, “Jika Anda melihat sesuatu yang seperti rambut Trump, jangan sekali-kali menyentuhnya.” (hui/whs/rmat)

Share

Video Popular