Pada ajang CES 2016 beberapa waktu lalu, Panasonic Jepang memperkenalkan sejenis TV transparan yang futuristic, terlihat seperti TV datar pada umumnya ketika dinyalakan.  Tapi akan terlihat seperti sekeping kaca tipis yang transparan saat dimatikan, sehingga membuat kita sedikitpun tidak merasakan kehadirannya.

Dalam video demonya, TV transparan Panasonic ini tidak hanya seperti kaca transparan, tapi juga dapat ditempatkan di tempat-tempat tertentu.  Misalnya: dapat ditempatkan di kabinet dapur, sebagai pintu kaca, orang-orang bisa menembusnya (TV Transparan) dan melihat sesuatu di dalam dapur.

Panasonic menggambarkan teknologi ini sebagai TV masa depan. Walau begitu, Panasonic masih bungkam ketika ditanyai teknologi apa dibalik kaca transparan ini, untuk mencegah ditiru oleh pesaing. Layar ini terbuat dari mesh halus yang ditanamkan dalam panel kaca, kata Mat Smith, reporter dari Engadget.

Untuk membuat TV ini transparan, Panasonic menggunakan OLED panel, bukan LED screen. Ketika dimatikan, televisi ini akan berubah menjadi transparan sepenuhnya, seolah tidak ada sesuatu apapun. Panasonic mengganti konvensional LED dengan teknologi OLED terbaru dimana OLED tidak lagi membutuhkan backlight sebagai cahaya untuk gambar di TV.

Panasonic terkait ini mengembangkannya menjadi layar transparan. Bukan hanya berhasil membuatnya terlihat benar-benar tak terlihat, pabrikan ternama asal Jepang ini menempatkan layar kaca TV ini di sebuah lemari cabinet layaknya lemari buku atau lemari pajangan pernak-pernik di rumah.

Dengan sekali lambaian tangan, TV yang ada akan redup perlahan dan hanya meninggalkan layar kaca tranparan layaknya kaca sehingga apapun yang disimpan di balik kaca akan terlihat. Layar kaca TV ini pun dapat digeser layaknya penutup lemari biasa.

Tidak hanya TV saja, Panasonic tengah mengembangkan peralatan rumah tangga lainnya yang bersifat smart appliance di antaranya Kulkas transparan dengan layar touchscreen, meja makan yang bisa digunakan langsung untuk memasak dengan kompor transparen. Sehingga pengguna tidak perlu repot lagi memasak hanya tinggal duduk di meja menunggu makanan siap. (Jhon/asr)

https://www.youtube.com/watch?v=TjI2K1Xx84M&feature=youtu.be

Share
Tag: Kategori: TECHNEWS TEKNOLOGI

Video Popular