Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam waktu dekat berencana untuk mengunjungi Tiongkok yang kabarnya akan mendapat sambutan berstandar tinggi. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang pada 12 September mengatakan bahwa Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang dan Ketua NPC Zhang Dejiang akan menemui Duterte.

Geng Shuang dalam konferensi pers rutin pada sore hari itu menyampaikan berita di atas. Ia  mengatakan, selama kunjungan kenegaraan Duterte di Tiongkok, Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral. Juga memperdalam pertukaran pendapat tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama. Sedangkan PM. Li Keqiang dan Ketua NPC Zhang Dejiang juga berencana untuk menemui Duterte dalam kesempatan yang terpisah.

Disebutkan bahwa pemerintah Tiongkok berharap melalui pertemuan kedua kepala negara tersebut mampu meningkatkan kepercayaan politik kedua negara, memperdalam kerjasama pragmatis, mempertahankan persahabatan tradisional. Melalui dialog menyelesaikan berbagai perbedaan yang mungkin ada. Dan mempromosikan kemitraan strategi bilateral demi perdamaian kawasan. Kembali ke jalur perkembangan yang sehat dan stabil.

Geng Shuang menegaskan bahwa persahabatan Tiongkok – Filipina tidak hanya menjadi harapan rakyat kedua negara, tetapi juga menjadi tuntutan dalam membangun perdamaian kawasan. Pemerintah Tiongkok selalu menekankan pentingnya untuk mengembangkan hubungan bilateral dengan Filipina, berharap dapat bekerjasama dengan pemerintah Filipina untuk mempromosikan pembangunan hubungan yang lebih sehat dan stabil demi kepentingan rakyat kedua negara.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok sebelumnya telah menggunakan nama Lu Kang sebagai juru bicara menyampaikan berita dalam situs mereka, menyebutkan bahwa atas undangan  Presiden Xi Jinping, Presiden Filipina akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok pada 18 – 21 Oktober 2016. (CNA/sinatra/rmat)

Share

Video Popular