Ikan Salmon mengandung asam lemak omega-3 (ω-3), dapat mendorong proses metabolisme lemak dan menurunkan berat badan. (Internet)

Ahli dalam hal menurunkan berat badan merekomendasikan beberapa makanan kesehatan, yang bisa mengenyangkan sekaligus menurunkan berat badan.

1. Ikan salmon

Salmon kaya akan lean protein atau protein rendah lemak, dapat menekan nafsu makan. Ia (lean protein) dapat membuat rasa kenyang lanjutan yang relatif kuat, sehingga bisa mencegah orang-orang untuk mengonsumsi makanan ringan setelah makan normal sehari-hari. Ikan salmon adalah jenis ikan berlemak, dalam lemak salmon kaya akan asam lemak omega-3 (ω-3) yang mutlak dibutuhkan tubuh, asam lemak ini dapat mendorong metabolisme lemak, dan membantu mengatur berat badan.

2. Quinoa (kinoa)

Quinoa atau kinoa adalah sereal semu yang mengandung karbohidrat bebas gluten, dan kaya akan protein. Gabungan protein dan karbohidratnya dapat menurunkan laju peningkatan kadar gula darah, mengurangi permintaan gula, dan mengontrol kadar gula darah, dimana hal ini sangat penting untuk menurunkan berat badan.

3. Biji buah aprikot

Apricot kernel atau biji aprikot adalah makanan berkalori tinggi, namun sejumlah besar studi ilmiah menyebutkan, biji aprikot sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan, konsumsi segenggam biji apricot sehari dapat membakar lebih banyak lemak tubuh. Karena biji apricot kaya akan protein dan lemak sehat, dimana dengan mengonsumsi biji aprikot ini dapat mempertahankan rasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga dengan demikian, asupan total kalori sehari pun berkurang.

4. Minyak kelapa

Komposisi minyak kelapa berupa medium chain triglycerides (asan lemak rantai sedang) merupakan jenis lemak makan dalam bentuknya yang khas/unik, asam lemak jenuh ini bisa mempercepat laju metabolisme. Ia hanya akan digunakan tubuh sebagai bahan bakar langsung, tidak akan disimpan sebagai lemak. Saat memasak, Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak sayur. Selain itu, minyak kelapa juga merupakan “petarung” yang handal dalam melawan bakteri dan virus.

5. Kacang kedelai

Kacang kedelai adalah makanan pokok di Jepang, juga merupakan camilan yang baik. Selain itu, ia (kacang kedelai) juga dapat ditambahkan dalam masakan, salad atau sup. Serat tinggi yang terkandung dalam kedelai bisa membuat rasa kenyang, sehingga bisa mengontrol nafsu makan dan mencegah makan lebih banyak. Sementara protein tingginya juga bisa memperpanjang rasa kenyang.

6. Grapefruit atau limau gedang

Limau gedang juga merupakan makanan super yang dapat mengurangi kelebihan lemak, selain bisa menekan nafsu makan juga dapat mengurangi sekresi insulin, menurunkan konsentrasi insulin, mencegah penurunan dari efek lipolisis (pemecahan lemak), sehingga bisa lebih banyak membakar lemak.

7. Cabai

Cabai juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan, karena mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Capsaicin dapat mengubah makanan menjadi energi, mempercepat pembakaran lemak perut, dan mempercepat metabolisme, jadi konsumsilah cabai sebisa mungkin !

8. Raspberry

Kandungan gula raspberry sangat rendah, tapi enak dan sedap rasanya. Insulin dapat mendorong penyimpanan lemak, sedangkan jumlah gula rendah dapat mengurangi sekresi insulin, sehingga buah raspberry wajib menjadi pilihan terbaik sebagai buah untuk menurunkan berat badan.

9. Alpukat

Kadar lemak buah alpukat cukup tinggi, sehinggfa banyak yang tidak percaya buah ini bisa menurunkan berat badan, tapi lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak baik ini akan membuat orang rasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga dapat menunda keinginan untuk makan. Alpukat mengandung asam amino yang disebut L-karnitin, yang digunakan tubuh untuk memetabolisme lemak. Konsumsi setengah biji alpukat setiap hari adalah cara yang baik untuk mengatur berat badan. (Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular